Info Sukabumi

Bawaslu Kabupaten Sukabumi Pastikan Mengawasi Pemilu 2024 Dengan Menjaga Intergritas Dan Bekerja Secara Profesional

Radio Elmitra News – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi menggelar Apel Siaga Persiapan Pengawasan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Sukabumi, bertempat di Hotel Selabintana Sukabumi, Rabu (07/02/2024).

Apel Siaga Persiapan Pengawasan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu Tahun 2024, dipimpin Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Faisal Rifai, turut dihadiri Plt Asda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Boyke Martadinata, unsur TNI-Polri, Satpol PP, Perangkat Daerah terkait, dan LO Partai Politik, serta diikuti 527 orang yang terdiri 141 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) dan 386 Pengawas Kelurahan Desa (PKD).

Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Faisal Rifai mengatakan apel siaga ini dilaksanakan untuk memastikan bahwa semua jajaran pengawas pemilu, tingkat Panwaslu Kecamatan, PKD dan PTPS se-Kabupaten Sukabumi siap untuk melakukan pengawasan pada masa tahapan masa tenang dan pemungutan suara hingga rekapitulasi suara.

“saya menekankan ada 7 indikator kerawanan TPS, salah satu indikator yang menjadi fokus kita adalah berkenaan dengan kerawanan TPS yang tempat TPSnya berada di tempat yang tidak Netral, berada di lokasi berdekatan dengan sekretariat ataupun rumah tim pemenangan,” ungkapnya.

Faisal menghimbau juga kepada seluruh Partai Politik Peserta Pemilu dapat mematuhi aturan ketentuan yang sudah di tetapkan KPU dan Bawaslu agar pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang berkualitas.

indihome sukabumi

“agar semua dalam momen kontestasi politik terutama di tanggal 14 Februari 2024 di hari H pemungutan suara, semua dapat mematuhi aturan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh KPU Bawaslu agar pelaksanaan pemilu yang akan datang suaranya berkualitas yang sehingga nanti akan menentukan pemimpin-pemimpin bangsa Indonesia untuk 5 tahun yang akan datang,” jelasnya.

“dipastikan kami semua jajaran pengawas pemilu dari sisi penyelenggaraan berintegritas, dari sisi pengawasan berjalan profesionalitas sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” tegas Faisal.

Ditempat yang sama mewakili Pemkab Sukabumi, Plt Asda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Boyke Martadinata mengapresiasi Bawaslu karena sudah melaksanakan kegiatan apel siaga dalam rangka persiapan Pengawasan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024.

“kami berharap agar seluruh stakeholder yang terkait, khususnya jajaran Bawaslu dapat melaksanakan kegiatan pengawasan itu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, jangan ada hal-hal yang memang bisa terlewatkan dari sisi pengawasan oleh Bawaslu dan jajarannya, baik yang di Kabupaten maupun yang di wilayah,” bebernya.

“kami juga berharap agar seluruh stakeholder yang terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Legislatif maupun Pilpres di tanggal 14 Februari nanti perhitungan suaranya, tidak hanya berhenti di tanggal 14 Februari 2024, bahwa kegiatannya itu masih ada nanti sampai dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Legislatif dan juga kemungkinan hal-hal  lain yang berkaitan dengan tahapan Pemilu, karena tahapan Pemilu berdasarkan PKPU hingga bulan Oktober 2024,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button