Info Sukabumi

KPU Kabupaten Sukabumi Gelar Bimtek Terpadu Mantapkan Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu 2024

Radio Elmitra News – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi melaksanakan  Bimbingan Teknis Terpadu Pengelolaan, Pendistribusian Logistik, Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara pada penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024.

Bimtek diiikuti oleh Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Anggota PPK Pj. Teknis dan Sekretaris PPK se-Kabupaten Sukabumi, pelaksanaanya dibagi menjadi beberapa sesi, yaitu untuk PPK Dapil 2, 3 dan 4 di tanggal 7-8 Februari 2024, dan PPK Dapil 1, 5 dan 6 pada  tanggal 9-10 Februari 2024, yang diselenggarakan di Hotel Selabintana, Sukabumi.

Dalam laporanya Kasubag Teknis Penyelenggaraan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU kabupaten Sukabumi, Rozalinda Erita menyampaikan bimtek terpadu ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara umum mengenai pengelolaan logistik pemungutan dan perhitungan suara dan rekapitulasi penghitungan perolehan suara pada pemilu tahun 2024.

“peserta kegiatan ini berjumlah 72 orang yang terdiri dari Ketua PPK,  Anggota PPK Pj Teknis dan Sekretaris PKK pada 24 Kecamatan dalam wilayah Dapil 1, 5 dan 6,” terangnya.

Linda menambahkan pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui dua sesi, yaitu sesi pertama penyampaian narasumber oleh Bawaslu, Kejaksaan Negeri, dan Bakesbangpol Kabupaten Sukabumi.

indihome sukabumi

“kemudian, dilanjutkan sesi kedua penyampaian materi dan arahan dari Ketua, Anggota KPU dan Sekretaris KPU Kabupaten Sukabumi terkait pengelolaan logistik, pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi penghitungan suara pada penyelenggaraan Pemilu tahun 2024,” singkatnya.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Kasmin Belle menekankan kepada peserta dari dapil 1, 5 dan 6 agar lebih siap secara teknis, jelang pelaksanaan pemungutan suara 14 Februari mendatang.

“bimtek ini untuk lebih memantapkan persiapan menjelang pelaksanaan Pemilu, terutama dari PPK seperti persiapan logistik yang saat ini sudah masuk PPK,” beber Kasmin Belle, Jum’at (09/02/2024).

Dalam bimtek ini KPU memberikan arahan tentang mekanisme pendistribusian logistik dari PPK bergeser ke PPS hingga KPPS.

“bimbingan teknis ke perwakilan PPK. dikhususkan membahas pengelolaan, pendistribusian logistik, pemungutan, penghitungan lalu rekapitulasi penghitungan perolehan suara. Kemudian akan dilanjutkan ke tingkat PPS,  seterusnya PPS akan mensosialisasikan kembali ditingkat KPPS,” ucapnya.

“untuk logistik, saya tekankan bahwa arus distribusi harus saling koordinasi di tingkat Kecamatan  dari kepolisian dan Koramil untuk menentukan pengiriman logistik. yang penting H-1 logistik sudah sampai di TPS,” ujarnya.

Terkait mekanisme pemungutan dan perhitungan suara di TPS, Pria yang akrab disapa Bang Teger menegaskan kepada jajaran untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat

“untuk pemungutan suara, saya tekankan secara teknis untuk melayani masyarakat di dalam TPS,” ungkapnya,

“perhitungan suara di tingkat bawah dan dituangkan dalam C hasil itu harus menjadi rujukan untuk kita sampaikan juga di rekapitulasi di tingkat kabupaten, Kita pastikan diselesaikan dalam 1 hari tapi kalau perhitungan ini tidak selesai di hari pertama, maka akan dilanjutkan di hari kedua tanggal 15 Februari  selesainya pukul 12 siang,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button