Info Sukabumi

Optimalkan Akurasi Data, BPJS Kesehatan Sukabumi Lakukan Pemutakhiran Data

Radio Elmitra News – Sebagai bentuk sinergi berkelanjutan antara BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi dengan instansi- instansi Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), dan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur, telah dilaksanakan kegiatan  pemutakhiran data bagi anggota Peserta TNI, POLRI dan ASN tahun 2023, di Sukabumi, pada Rabu (24/05/2023).

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyesuaikan data peserta dan anggota keluarga pada masing-masing satuan kerja yang telah terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sebagai upaya bersama mengoptimalkan peningkatan kesesuaian data peserta yang dilaporkan,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Dwi Surini dalam sambutannya.

Dwi juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga menjadi sarana komunikasi dan tentunya koordinasi untuk melakukan rekonsiliasi data pembayaran iuran peserta, yang termasuk didalamnya validasi data kepesertaan dan validasi pembayaran Iuran yang pelaksanaannya secara periodik setiap bulan. Selain itu kegiatan ini pun dilaksanakan sebagai sarana diskusi untuk meminimalisasi kendala – kendala yang terjadi dalam mengupayakan optimalisasi kesesuaian data tersebut.

“Tidak terhenti dalam kegiatan hari ini saja, koordinasi berkelanjutan harus selalu diupayakan untuk menunjang kesesuaian data antara data yang terdapat pada Satuan Kerja (Satker) dengan master file BPJS Kesehatan. Kesesuaian data ini akan berdampak pada jumlah peserta terdaftar di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang  termasuk di dalamnya ada FKTP milik TNI atau POLRI yang dipilih oleh peserta yang bersangkutan, yang pada akhirnya akan berdampak pula pada pemenuhan hak peserta tersebut saat memperoleh pelayanan kesehatan,” ungkap Dwi.

“Satuan kerja terkait diharapkan memiliki data lengkap By Name By Address (BNBA) TNI dan POLRI yang valid dan terkini untuk memudahkan pemadanan data dan pemutakhiran data dengan BPJS Kesehatan,” ujar Dwi.

indihome sukabumi

Pada kesempatan yang sama peserta kegiatan yang hadir selain diberikan paparan materi tentang tahapan kegiatan pemutakhiran data, peserta juga dipaparkan terkait overview Program JKN, berbagai jenis kanal-kanal layanan Informasi, perubahan data dan penanganan keluhan melalui Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatapp (PANDAWA), Chat Asistant JKN (CHIKA) & Voice Interactive JKN (VIKA), Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan Rumah Sakit (PIPP RS), Mobile Customer Service (MCS), dan BPJS Kesehatan Care Center 165.

“Kanal – kanal layanan ini merupakan rangkaian inovasi dari BPJS Kesehatan untuk kemudahan pelayanan yang dapat diperoleh oleh peserta JKN, sebagai bentuk komitmen kami untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dan selalu mengupayakan transformasi mutu layanan yang lebih optimal. Sesuai dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini, kami terus berinovasi untuk mengupayakan pelayanan terbaik kepada peserta JKN yang lebih mudah dan praktis,” ungkap Dwi.

Peserta kegiatan yang hadir menyampaikan kesan dan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yang telah melaksanakan kegiatan pemuktahiran data ini. Kegiatan yang ada baiknya dilaksanakan secara rutin, karena banyak manfaat yang dapat diperoleh, tidak hanya informasi terkait kepesertaan.

“Dengan adanya kegiatan ini membantu semua pihak dalam meminimalkan perbedaan peserta setiap satuan kerja. Selain sosialisasi terkait program JKN dengan informasi-informasi terkini, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami karena kami menjadi lebih paham apa saja hak dan kewajban kami sebagai seperta JKN, dan pasti akan kami sampaikan kepada keluarga serta rekan-rekan lainnya yang tidak dapat hadir pada kesempatan ini,” ujar Firman, salah satu personel TNI yang hadir dalam kegiatan tersebut.
sumber : jamkesnews.com

Related Articles

Back to top button