Info Sukabumi

Ramdan Bersyukur dengan Kehadiran Program JKN

Radio Elmitra News – Prinsip Gotong Royong sangat lekat dengan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan hal ini sudah menjadi pemahaman peserta JKN yang paling mendasar. Karena melalui program ini semua lapisan masyarakat yang menjadi peserta JKN, dari sabang sampai Merauke, saling berkontribusi dalam mewujudkan suatu jaminan kesehatan yang manfaatnya sangat besar dalam menjamin kebutuhan akan pelayanan kesehatan saat dibutuhkan.

Hal ini yang dirasa sangat istimewa bagi Ramdan Saputra (34), salah satu masyarakat Kabupaten Sukabumi, yang terdaftar sebagai peserta JKN dari segmen Peserta Penerima Upah (PPU). Menurutnya program jaminan sosial dari pemerintah yang diamanahkan penyelenggaraannya kepada BPJS Kesehatan ini adalah bukti nyata semangat gotong royong masyarakat Indonesia. Saling membantu terhadap sesamanya, yang tidak mampu dibantu oleh yang mampu, yang sakit dibantu oleh yang sehat.

“Awalnya saya tidak terlalu paham dengan program ini, yang saya tahu hanya program ini wajib bagi masyarakat. Ternyata setelah tahu lebih dalam, baik itu dari pengalaman pribadi, keluarga, dan rekan-rekan terdekat, program ini tidak hanya sebatas kewajiban sebagai warga negara saja. Banyak sekali makna dan manfaat yang dapat kita rasakan dari program ini,” ujar Ramdan, Kamis (25/05/2023).

Ramdan pun menyampaikan bahwa memang kadang masih ada yang memandang sebelah mata akan hadirnya program ini, tapi juga tidak dapat dipungkiri dengan adanya program ini sudah sangat banyak membawa perubahan yang terbaik dalam hal pelayanan kesehatan.

“Yang paling terlihat menurut saya itu sekarang sudah banyak sekali fasilitas kesehatan yang semakin baik pelayanannya, dengan sarana dan prasarana penunjang yang dilengkapi sesuai dengan tipenya masing-masing. Berobat di puskesmas pun sudah dapat pelayanan yang kita butuhkan sesuai dengan kondisi medis kita, semua dilayani sama baiknya dengan pasien lainnya, tidak ada perbedaan,” ungkap Ramdan.

indihome sukabumi

Selain pengalaman pribadinya tersebut, Ramdan juga berbagi tentang semakin terbuka wawasannya mengenai Program JKN ini, saat salah satu keluarganya harus menjalani rawat inap dan mendapatkan tindakan operasi. Ramdan takjub dengan manfaat besar dari program ini dalam menjamin kebutuhan pelayanan kesehatan pesertanya.

“Jujur dulu saya kira program ini hanya menjamin pelayanan kesehatan yang mendasar saja, tidak untuk yang membutuhkan biaya yang besar. Ternyata saya salah besar, pelayanan kesehatan sesuai alur pelayanan dan indikasi medis dari pesertanya, berapapun itu alhamdulillah terjamin. Tidak salah bahwa moto Program JKN, yaitu dengan gotong rotong semua tertolong yang sering saya baca dan dengar itu, memang nyata adanya,” kata Ramdan.

Bukan tanpa sebab Ramdan lebih memahami hal tersebut, karena semangat gotong royong dalam penyelenggaraan Program JKN ini juga Ramdan rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Ramdan yang bertugas sebagai salah satu produser siaran salah satu radio swasta di Sukabumi tersebut ikut merasakan bagaimana peran berbagai pihak ikut andil dalam penyelenggaraannya.

“Radio kami bermitra dengan BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi dalam penyampaian informasi terkini seputar program JKN dan kami menjalankan kerjasama ini dilandasi dengan semangat yang sama, gotong royong untuk kebaikan masyarakat, khususnya dalam hal ini masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi,” ujar Ramdan.

Tidak lupa Ramdan juga mewakili pihak radio menyampaikan terimakasih untuk kemitraan yang sudah berjalan dengan baik ini, dan tentunya akan terus menyampaikan informasi terkini seputar Program JKN, karena walaupun dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, media radio masih mendapatkan tempat di hati masyarakat untuk mendapatkan informasi yang terkini.

“Semoga Program JKN ini akan selalu memberikan manfaat terbaiknya tidak hanya untuk pesertanya, juga bagi masyarakat luas,” tutup Ramdan.

sumber : jamkesnews.com

Related Articles

Back to top button