Info Sukabumi

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Dandim 0622 Ajak Generasi Muda Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Radio Elmitra News – Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten Sukabumi, di Lapangan Alun Alun Palabuhanratu, Selasa (01/10/2024).

Upacara peringatan tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Kav Andhi Ardana Valeriandra.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Peringatan ini tidak luput dari peristiwa G30S PKI yang mengakibatkan gugurnya 6 jenderal dan 1 perwira pertama TNI AD dipergantian malam 30 September ke 1 Oktober 1965 kala itu.

Usai melaksanakan upacara, Letkol Kav Andhi Ardana Valeriandra mengajak kepada generasi muda untuk menjaga dan memelihara rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saya selaku generasi muda dan penerus bangsa tentunya merasa bangga terhadap pancasila yang telah dibentuk oleh pendahulu kita,” ungkapnya. 

indihome sukabumi

Dandim menegaskan generasi muda untuk menanamkan rasa tali persaudaraan terhadap cinta terhadap tanah air.

“Dengan begitu, melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini harus dijadikan sebagai momentum untuk melestarikan, mengamalkan, mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegasnya.

“Kita harus cinta dan memahami arti dari nilai-nilai dasar pancasila,” tandasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H Ade Suryaman menambahkan generasi muda bangsa harus betul-betul menggaungkan nilai-nilai dasar pancasila yakni nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.

“Persatuan kita harus terus dipertahankan dengan didasari 5 dasar pancasila,”pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button