Info Sukabumi

Pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi dibuka, Hari Pertama Yang Mendaftar di KPU kota Sukabumi Pasangan Achmad Fahmi-Dida Sembada dan Mohamad Muraz-Andri Hamami

Radio elmitra News – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi Imam Sutrisno memastikan hanya pasangan Achmad Fahmi-Dida Sembada yang bisa melanjutkan ke tahapan pemeriksaan kesehatan. Meskipun, terdapat dua pasangan yang mendaftar sebagai Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi ke KPU, Selasa, 27 Agustus 2024 ini. Hal itu ialah pasangan Achmad Fahmi-Dida Sembada dan Mohamad Muraz – Andri Hamami.

“Calon pertama yang mendaftar ialah Achmad Fahmi-Dida Sembada telah memenuhi seluruh persyaratan kelengkapan administrasi. Sehingga, besok dapat melaksanakan pemeriksaan kesehatan di RSUD Syamsudin SH Kota Sukabumi,” ujarnya, Selasa, 27 Agustus 2024.

Sementara pasangan Mohamad Muraz-Andri Hamami belum bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Pasalnya, terdapat persyaratan administrasi yang belum dilengkapi. Sehingga, menunggu kelengkapan administrasi.

“Untuk pasangan Mohamad Muraz- Andri Hamami ini, sudah memberikan kelengkapan administrasi. Namun, ada persyaratan dari empat partai pengusung yang belum lengkap. Persyaratan individu, semuanya sudah lengkap,” ucapnya.

Namun secara keseluruhan, proses pendaftaran calon peserta Pilkada Kota Sukabumi berjalan lancar. Di mana, seluruh kegiatannya dilakukan berdasarkan panduan undang-undang dan petunjuk teknis dari KPU RI.

indihome sukabumi

“Semua bakal calon kami perlakukan sama sesuai juknis (petunjuk teknis). Meskipun sempat ada kendala jaringan untuk pendaftar pertama di sistem Silonnya, sehingga prosesnya dilakukan secara manual.Namun itu tidak mengurangi substansi dan esensi. Bahkan, rekan Bawaslu pun ikut mencermati dan sudah disetujuinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Divisi Teknis KPU Kota Sukabumi Dikrilah mengatakan, pemenuhan kelengkapan persyaratan pencalonan harus dilengkapi sampai 29 Agustus 2024. Hal itu sesuai tahapan pencalonan peserta Pilkada yang dimulai sejak 27-29 Agustus 2024.

“Jadi kelengkapan harus dipenuhi di masa pendaftaran, bukan perbaikan. Hal itu termasuk kelengkapan yang harus dipenuhi partai pengusung Mohamad Muraz – Andri Hamami,” bebernya.

Disinggung kekurangan kelengkapan persyaratan Mohamad Muraz-Andri Hamami, menurutnya empat partai pengusung belum menyerahkan form persetujuan dari tingkat pusat.

“PSI, Gelora, PBB, dan PKN form persetujuan DPP tingkat pusat untuk mengusung Mohamad Muraz-Andri Hamami belum ada,” terangnya.

Selain kedua pasangan bakal calon yang mendaftar hari ini, menurutnya masih ada satu lagi. Mereka adalah pasangan Ayep Zaki – Bobby Maulana. Pasangan tersebut direncanakan akan mendaftar pada 29 Agustus 2024.

“Berdasarkan surat dari tim pemenangannya, ada satu pasangan lagi yang akan mendaftar ke KPU. Mereka adalah Ayep Zaki- Bobby Maulana. Direncanakan mereka akan mendaftar di 29 Agustus pukul 10.00 WIB,” pungkasnya.(Ndre)

Related Articles

Back to top button