Info Sukabumi

Kasad Launching Sumur Bor Program TNI Manunggal Air

Radio Elmitra News – Dalam rangka mensukseskan Program TNI Manunggal Air Kodim 0607/Kota Sukabumi yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi menggelar Kegiatan Vicon Gerakan TNI Manunggal Air bersama Kasad Jenderal Maruli Simanjuntak,bertempat dilokasi sumur pompa Kampung Leuwibolang, Rt05/Rw03, Desa Sukamulya, Kec. Cikembar, Kab Sukabumi, Selasa (06/02/2024).

Kegiatan Vicon ini secara terpusat dilaksanakan oleh Kasad Jendral TNI Maruli Simanjuntak dalam kegiatan Peresmian 1.898 titik air dalam rangka Gerakan TNI Manunggal Air yang disiarkan langsung dari Desa Bobanaindah, Kec. Patani Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Kegiatan ini dihadiri Dandim 0607Kota Sukabumi, Danyon Armed 13/Nanggala,Unsur Fokopimcam Cikembar, Pasiter, Babinsa, Kades Sukamulya, anggota staf ter dan Perwakilan Masyarakat Kampung Leuwibolang.

Pada kegiatan tersebut Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengajak antara Pemda dan juga para donatur bersama TNI Angkatan Darat untuk bisa lebih memasifkan lagi tentang air bersih.

“Sampai dengan sekarang secara jumlah titik air sudah sekitar 1.788 yang sudah dibuat oleh Angkatan Darat. itu baru bisa berpengaruh sekitar 820.000-an masyarakat memerlukan air bersih, secara data di Indonesia itu baru sekitar 9,9% berarti masih sangat banyak sekali yang memerlukan air bersih,” ucapnya.

indihome sukabumi

“Mudah-mudahan tahun ini kita bisa lipat gandakan lagi dalam pembuatan jumlah titik-titik sumur untuk sarana air bersih. Saya kira tidak ada hal yang mustahil kalau kita bekerja sama dengan semua unsur yang terkait dalam hal ini,” ujarnya.

Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengungkapkan TNI AD sudah banyak sekali membuat kegiatan sosial seperti, Sunatan Massal, Pengobatan Massal, Perbaikan RTLH, dan Perbaikan tempat ibadah.

“tapi yang sering menjadi sumber permasalahan itu adalah air yang berpengaruh pada kemiskinan maupun stunting, masyarakat tidak bisa bertani, tidak bisa beternak itu adalah masalahnya pada air,” imbuhnya.

“untuk itu kita buatkan sarana air bersih ini, kemudian kalau bisa bermanfaat untuk jadi sanitasi, jadi pertanian sehingga ekonomi masyarakat akan lebih baik. jadi sangat penting sekali dengan adanya air bersih, antara air bersih, kemiskinan dan stunting itu biasanya sangat identik,” ungkap Kasad.

Sementara Komandan Kodim 0607/ Kota Sukabumi Letkol Inf. Yudhi Hariyanto kepada awak media menyampaikan data sumur program air bersih di wilayah Kodim 0607/Kota Sukabumi ada beberapa titik, yaitu Bantuan dari Pangkostrad lokasi diKampung Leuwibolang, Rt05/Rw03, Desa Sukamulya, Kec.  Cikembar peruntukan 55 KK atau sekitar 159 Jiwa.

“Lokasi kedua Kp. Nagrak, Rt04/Rk06, Desa Limbangan Kec. Sukaraja, Kab Sukabumi peruntukan 60 KK atau sekitar 190 Jiwa, dan Bantuan dari Kemenhan lokasi di Kp. Leuweung datar, Rt01/Rw16, Desa Sukasirna, Kec. Cibadak, Kab Sukabumi peruntukan 150 KK atau sebanyak 200 jiwa,” bebernya.

“serta ada juga Bantuan dari PT. Starcom Sumur bor (Swadaya CSR dari PT. Starcom) lokasi di Kp. Pasirbaliung, Rt03/Rw04, Desa Bojongkokosan, Kec. Parungkuda, Kab. Sukabumi, peruntukan 151 KK atau sekitar 473 Jiwa,” Pungkas Dandim.

Setelah kegiatan pokok selesai, dilanjutkan pemberian sembako kepada warga yang mengikuti  acara dilokasi.

Related Articles

Back to top button