Elmitra 95 FMInfo Sukabumi

Komitmen DPRD Kabupaten Cianjur Dukung Capaian UHC Untuk Masyarakat Cianjur

Radio Elmitra News – BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi menerima kunjungan kerja anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi D Kabupaten Cianjur, di Sukabumi, Senin (27/11/2023).

Kunjungan kerja ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi tersebut adalah dalam rangka silaturahmi serta untuk mengetahui pelayanan kesehatan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi.

Komisi D yang membidangi kesejahteraan masyarakat dan berhubungan langsung dengan pelayanan di masyarakat, salah satunya adalah pelaksanaaan pelayanan kesehatan, terus melakukan koordinasi untuk memonitoring pelaksanaan dan pelayanan JKN di wilayah Kabupaten Cianjur.

Kunjungan yang berlangsung di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi tersebut dihadiri oleh Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Cianjur yang didampingi oleh sebelas orang anggota.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Dwi Surini mengapresiasi dan menyambut baik kunjungan tersebut. Dwi menyampaikan bahwa kunjungan ini adalah bukti dukungan langsung dan sinergi nyata dari pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan yang terus bersama BPJS Kesehatan mengawal ketat penyelenggaraan program JKN untukmendukung kesejahteraan masyarakat dalambidang kesehatan.

indihome sukabumi

Pada kesempatan pertemuan ini, Dwi memberikan paparan terkait perkembangan program JKN di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, terutama terkait profil kepesertaan JKN dan upaya pencapain Universal Health Coverage (UHC) wilayah KabupatenCianjur.

“Untuk capaian kesepesertaan program JKN wilayah Kabupaten Cianjur sampai dengan periode 1 November 2023 adalah sebanyak 2.271.076 jiwa dari total 2.506.384 jiwa penduduk Kabupaten Cianjur sudah terdaftar sebagai peserta  JKN, berarti sudah 90,24% penduduk Kabupaten Cianjur sudah terjamin oleh program JKN,” ujar Dwi, Senin (27/11/2023).

Dwi dalam paparannya tersebut menyampaikan bahwa sejalan dengan yang telah tercantum dalam Intruksi Presiden nomor 1 tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN, Pemerintah Kabupaten Cianjur sudah menindaklanjutinya dengan terbitnya Intruksi Bupati Cianjur nomor 441/3079/PEM tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Kabupaten Cianjur.

“Dengan adanya Instruksi Bupati Cianjur menegaskan upaya serta komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur melalui dinas dan instansi terkait dalam pencapaian UHC Kabupaten Cianjur,” jelasnya.

Setelah pemaparandari Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Cianjur Atep Hermawan Permana mengapresiasi atas pelaksanaan program JKN di KabupatenCianjur.

Atep mengatakan bahwa program JKN merupakan program yang sangat mulia yang memberikan manfaat sangat besar kepada masyarakat dan sudah sepatutnya seluruh komponen masyarakat harus mendukung program tersebut, dan DPRD Kabupaten Cianjur pun sangat mendukung penyelenggaraan Program JKN untuk terus memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi seluruh masyarakat.

“Kami selalusiap dan mendukung penuh kinerja BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi sebagai bentuk komitmen kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan terbaik terutama dalam bidang kesehatan, termasuk target yang ingin tercapai dalam waktu dekat adalah UHC Kabupaten Cianjur yang tentunya akan kami kawal dan jalankan pengawasan dalam pencapaiannya.” Ungkapnya.

Selain itu, Atep menambahkan dengan adanya kunjungan kerja ini diharapkan memperkuat komunikasi, hubungan, serta koordinasi yang sudah terjalin sangat baik untuk membahas kendala-kendala yang ada dalam penyelenggaran program JKN.

“Kami di Komisi D selalu dilibatkan upaya peningkatan pelaksanaan program JKN di Kabupaten Cianjur, mulai dari kepesertaan sampai dengan pelayanan kesehatan. Karena sudahmenjadi tanggungjawab negara untuk memperhatikan bidang kesejahteraan masyarakat yang didalamnya termasuk pelayanan kesehatan masyarakat yang bersinambungan dengan pelaksanaan program JKN,” tandasnya.

Dalam kunjungan kerja kali ini juga dilaksanakan kunjungan ke salah satu FKRTL mitra BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yaitu RS Hermina Kabupaten Sukabumi, yang dihadiri langsung oleh Direktur beserta jajarannya untuk berbagi mengenai pelaksanaan pelayanan JKN serta implementasi inovasipelayanan JKN dari BPJS Kesehatan seperti penerapan antrean online, pemberian informasi dan penanganan keluhan yang selalu mengedepankan pelayanan terbaik bagi peserta JKN yang membutuhkan pelayanan kesehatan sesuai indikasi medisnya masing – masing.

sumber : jamkesnews.com

Related Articles

Back to top button