Elmitra 95 FMInfo Sukabumi

Resmi dilantik, Ini Program Prioritas Pengurus Mabi dan Ketua Saka Amal Bakti Kemenag Kabupaten Sukabumi 

Radio Elmitra News – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Sukabumi melaksanakan Pelantikan dan Pengukuhan Majelis Pembimbing dan Pengurus Saka Amal Bakti Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi masa bakti 2024 – 2029, bertempat di Aula Pesantren Al-Ma’tuq Kadudampit, Rabu (07/08/2024).

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi melantik dan mengukuhkan H. Dadang Ramdani sebagai Pengurus Majelis Pembimbing dan H. Maman Hidayat sebagai Pimpinan Saka Amal Bakti, yang ditandai dengan penyematan tanda jabatan.

Dalam sambutannya Pengurus Majelis Pembimbing Saka Amal Bakti H. Dadang Ramdani menyampaikan kegiatan ini menjadi momentum bagi Kemenag untuk memulai bersistem dalam gerakan kepramukaan baik dilingkungan madrasah, mulai dari RA, MI, Mts, dan MA.

“Termasuk dilingkungan kantor urusan agama (KUA), dan juga pengawas madrasah,” ujarnya.

H. Dadang menambahkan program Saka Amal Bakti Kemenag Jawa Barat terdiri dari enam Krida, yaitu Krida Harmoni Beragama, Krida Literasi dan Budaya, Krida Pemantauan Produk Halal, Krida Zakat dan Wakaf, Krida Haji dan Umrah serta Krida Hisab dan Rukyat.

indihome sukabumi

“Tentunya apa yang kami lakukan kedepan ini akan mengedepankan bagaimana program-program krida saka amal bakti untuk terus bisa dikembangkan, yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

“Adapun pembinaan yang akan kita lakukan kedepan tentunya mempertimbangkan potensi situasi yang ada di tengah masyarakat. Kebutuhan pembinaan ini diharapkan kita sebagai gugus depan gerakan pramuka dilingkungan saka amal bakti kementerian agama, yaitu mengedepankan nilai-nilai prinsip  agama yang harus betul-betul harus kite kembangkan harus ditengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Saka Amal Bakti Kemenag Provinsi Jawa Barat H. Ohan Burhan menyatakan apresiasi dan ucapan selamat  atas pelantikan dan pengukuhan Majelis Pembimbing dan Pengurus Saka Amal Bakti Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi masa bakti 2024 – 2029.

“Alhamdulillah telah terlaksana dengan lancar kegiatan pelantikan saka amal bakti tingkat Kabupaten Sukabumi, ini sebagai momentum masyarakat Sukabumi, khususnya Kementerian Agama bisa melayani masyarakat dengan maksimal melalui program-program yang diselenggarakan saka amal bakti,” tuturnya.

“Banyak krida yang nantinya mengejawantahkan dari kementerian agama, jadi Ini adalah kader-kader untuk melayani masyarakat tentang keagamaan,” singkatnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kwarcab Grakan Pramuka Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman menyampaikan rasa syukur atas dilantiknya saka amal bakti apalagi tugas pokok pramuka adalah penyelenggara pendidikan kepramukaan bagi kaum muda yang memiliki tantangan ditengah kemajuan teknologi dan informasi.

“Penggunaan teknologi dan informasi sangat mempengaruhi akhlak anak anak, maka dari itu tugas kita semua bisa memberikan bimbingan pendidikan agama” tegasnya

H. Ade juga meminta saka amal bakti segera membuat dan menjalankan program kerjanya.

“terus lakukan koordinasi dengan pemkab sukabumi sehingga program kerjanya bisa tercapai sesuai yang diharapkan” tambahnya.

H. Ade berharap Pemda dan Kemenag kabupaten Sukabumi bisa terus bersinergi dalam mewujudkan generasi muda yang lebih baik menuju indonesia emas 2045.

“Kebersamaan pemkab dengan kemenag bisa terus berlanjut dalam membina generasi muda yang agamis dalam mewujudkan anak yang shaleh shalehah,” pungkasnya.

Dalam kegiatan juga dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BPBD dengan Kemenag tentang Pelaksanaan Kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Kebencanaan di Lingkungan RA, MI, MTs dan MA di Kabupaten Sukabumi.

Related Articles

Back to top button