Elmitra 95 FMInfo Sukabumi

Sosialisasi P3A Mitra Cai, Dinas PU Kabupaten Sukabumi Bagikan 156 HP

Radio Elmitra News – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan sosialisasi kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Mitra Cai Kabupaten Sukabumi, di Grand Sulanjana Selabintana, Senin (13/10/23)

Kegiatan sosialisasi penerapan aplikasi SIAGRI yang merupakan rangkaian peringatan hari bakti ke-78 PU “Sigap Membangun Negeri”, dibuka oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar, dan diikuti 156 pengelola mitra cai se-Kabupaten Sukabumi.

Dalam arahannya, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menegaskan para mitra cai untuk terus bersinergi dengan pemerintah dalam membangun suatu kawasan dan menjaga stabilitas ketahanan pangan Kabupaten Sukabumi.

“kita berupaya untuk menjaga dan mengamankan jaringan irigasi agar selalu dapat berfungsi dengan baik guna memperlancar pelaksanaan operasi dan mempertahankan kelestariannya melalui kegiatan perawatan, perbaikan, pencegahan dan pengamanan yang harus dilakukan secara terus menerus,” jelasnya.

Melalui Sosialisasi ini, Bupati berharap para peserta akan memiliki pembekalan tentang penerapan peran secara penuh dalam proses operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi pada sistem irigasi tersier dan berpartisipasi pada sistem irigasi primer dan sekunder.

indihome sukabumi

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sukabumi dan Kepala Dinas PU menyerahkan bantuan alat Komunikasi HP kepada 156 mitra cai untuk memanfaatkan teknologi dalam komunikasi sesama mitra cai yang ada di Kab Sukabumi, serta penyerahan 44 buah Alat Mesin Pemotong Rumput.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar mengatakan Pemberian alat komunikasi tersebut merupakan salah satu solusi masa kini untuk para P3A Mitra Cai.

“sesuai aspirasi yang disampaikan mitra cai pada tahun lalu, juga menjadikan solusi yang inovatif dan penting untuk memberikan informasi atau  pemantauan pada saluran irigasi yang dikelola semua mitra cai,” ucapnya.

“alhamdulillah pada tahun ini program pemberian 156 HP termasuk bantuan operasional pada P3A yang terdiri dari delapan wilayah di kabupaten Sukabumi hari ini terlaksana untuk memberikan solusi terbaik dalam penyampaian informasi seputar pengelolaan saluran irigasi,” ujarnya.

“pemberian ini merupakan salah satu bentuk penghargaan untuk para mitra cai yang dimana pekerjaan mereka sangat mulia sebagai pahlawan yang senantiasa untuk menjaga aliran irigasi untuk mengaliri sawah-sawah. Semoga semua hasil ini menjadi semangat untuk kedepan,” ungkap Kepala Dinas PU yang akrab disapa Babeh Asjap.

Asjap menyebut peran P3A Mitra Cai sangat menentukan dalam keberhasilan pertanian, sebab P3A merupakan salah satu perkumpulan petani dengan kegiatan yang dikhususkan pada pengelolaan dan distribusi air irigasi.

“sosialisasi ini dapat membantu para penggerak mitra cai dalam penguatan pemahaman tentang tata-cara pelaksanaan pengelolaan sistem irigasi,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button