Elmitra 95 FMInfo Sukabumi

KPA Kabupaten Sukabumi Bahas Persiapan Peringatan HAS 2023

Radio Elmitra News – Jelang Hari AIDS Sedunia (HAS) yang dioeringati pada tanggal 01 Desember setiap tahunnya, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat persiapan HAS tahun 2023, “Bergerak Bersama Komunitas, Akhiri AIDS 2030” di Aula KPA Kabupaten Sukabumi, Kamis (09/11/2023).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Sekretariat KPA Kabupaten Sukabumi Dadang Sucipta, dan diikuti oleh 30 orang peserta dari Perwakilan Derangkat daerah, unsur Forkopincan Sukabumi, dan perwakilan Komunitas Peduli AIDS.

Kepala Sekretariat KPA Kabupaten Sukabumi Dadang Sucipta mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk persiapan, pengkondisian dan pembagian tugas panitia kegiatan Hari AIDS SeDunia Tahun 2023 tingkat Kabupaten Sukabumi, yang puncaknya akan dilaksanakan di Kecamatan Sukabumi, pada Sabtu (02/12/2023) mendatang.

“ini rapat teknis, membahas tentang rincian kegiatan HAS 2023 di Kabupaten Sukabumi, dari rangkaian acara sebelum Puncak tanggal 2 Desember 2023, ada pembentukan pekerja peduli AIDS di Pratam, ada pemeriksaan tes HIV bagi warga Lapas Warungkiara, dan tanggal 1 Desember 2023, ada pemutaran film nonton bareng bersama di moviplex itu untuk komunitas,” ucapnya.

“film tentang stigma HIV, durasinya 2 jam, kerja sama dengan perusahaan karena akan di gratiskan untuk komunitas peduli AIDS, jadi hari Jumat mulai jam 8 sampai jam 11 kita akan nonton bareng di moviplex film Stigma,” ujarnya.

indihome sukabumi

“selain itu juga di puncak acara nanti, ada penghargaan, bantuan untuk 52 orang dengan HIV-AIDS (ODHA) berupa bantuan sembako, plus 5 orang bantuan untuk usaha,” ungkapnya.

Dadang memastikan sesuai tema besar HAS 2023 “Bergerak Bersama Komunitas, Akhiri AIDS 2030”, peringatan HAS nanti peserta terbanyak dari Komunitas Peduli AIDS.

“semua yang peduli, mulai dari pekerja peduli AIDS, ustadz peduli AIDS, pelajar peduli AIDS, duta peduli AIDS, mahasiswa peduli AIDS dari ganas dan pastinya media peduli AIDS,” bebernya.

“semua kita undang khusus, jadi peserta terbanyak di HAS 2023 adalah dari komunitas yang semuanya peduli AIDS,” imbuhnya.

Dadang menegaskan khusus untuk pekerja, Kementerian Ketenagakerjaan sudah mengeluarkan Rencana Aksi Nasional tahun 2024 sd 2030, jadi minimal dalam satu tahun ada 500 perusahaan yang harus peduli terhadap HIV-AIDS.

“perusahaan yang mana, perusahaan yang minimal pekerjanya 100 orang, dan di kabupaten Sukabumi dari 2015 sudah ada puluhan perusahaan, jadi satu-satunya di provinsi Jawa Barat juga di Indonesia, menurut Pengawas Ketenagakerjaan dari UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan wilayah 1 Bogor, Disnakertrans Provinsi Jawa Barat di provinsi Jawa Barat,” tegasnya.

“Pak Bupati yang juga Ketua KPA berpesan untuk rencanakan sebaik mungkin rangkaian acaranya, dan buat yang sedikit berbeda, makanya ada nonton bareng komunitas,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button