Info Sukabumi

Puluhan Mobil hias meriahkan Festival Sukabumi Suka Bunga HJKS ke-154 tahun 2024

Radio Elmitra News – 52 mobil hias berornamen tanaman hortikultura dari berbagai instansi pemerintah, badan usaha, dan perusahaan memeriahkan event Festival Sukabumi Suka Bunga, di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu, Minggu (08/09/2024).

Parade tahunan bernuansa budaya yang diselenggarakan Pemkab Sukabumi ini merupakan agenda rutin  peringatan hari jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke-154 yang jatuh setiap 10 September.

Selain mobil hias, berbagai jenis tarian, budaya dan fashion show juga dipertunjukan dalam pagelaran tersebut yang mendapat perhatian dari
Bupati, Wakil Bupati, Sekda, unsur Forkopimda, Pejabat Daerah, tamu undangan hingga masyarakat.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan pagelaran festival suka bunga merupakan langkah nyata untuk mempromosikan potensi kekayaan flora seperti bunga potong sebagai daya tarik wisata dan agrobisnis.

“Sekaligus upaya ini juga untuk membantu penyerapan produksi bunga dari para petani, dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat,” ucapnya.

indihome sukabumi

Bupati berharap Festival Suka Bunga 2024 dapat memberikan berbagai dampak positif terhadap peningkatan jumlah pengunjung dan pemasaran bunga di selatan Sukabumi.

“Semakin dikenalnya hortikultura kita maka akan berdampak besar terhadap taraf perekonomian masyarakat,” ujarnya.

“Insyallah Pemkab Sukabumi akan terus memberdayakan taraf perekonomian masyarakat melalui konsentrasi bunga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sri Hastuti Harahap menyampaikan festival ini untuk memperlihatkan keindahan sumberdaya alam yang dimiliki Kabupaten Sukabumi di sektor pertanian. Dimana, Kabupaten Sukabumi memiliki sentra bunga di beberapa kecamatan seperti di Kecamatan Sukaraja, Sukabumi, Cidahu, dan Cicurug.

“Pengembangan tanaman hias saat ini mampu memenuhi kebutuhan baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun untuk tujuan ekspor,” terangnya.

“Melalui festival ini juga dapat meningkatkan pendapatan petani bunga dan pedagang bunga di Kabupaten Sukabumi yang dapat memberikan multiplier effect pada banyak usaha ekonomi masyarakat, ” tambahnya.

Hastuti menambahkan, di tahun 2024 Kabupaten Sukabumi mendapatkan sertifikat pelepasan varietas ubi kayu manggu MHAS (Marwan Hamami Asli Sukabumi) yang diterbitkan oleh Kementerian Pertanian RI.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Perumda Agro Sukabumi Mandiri (ASM) Yuga Gandara menjelaskan peran ASM di perayaan HJKS ke-154 sebagai vendor mobil hias dalam Festival Sukabumi Suka Bunga 2024.

“Jadi untuk hari ini festival sukabumi suka bunga itu memperingati hari jadi ke 154, salah satunya perumda Agro berperan sebagai vendor di situ, emang lebih sedikit dibandingkan dengan tahun kemarin itu 32, kalau sekarang cuma 16 yang dikelola oleh Perumda ASM, Sedangkan untuk sisanya karena ada beberapa vendor yang masuk,” bebernya.

“tetapi agro tetap berperan, kami yakin untuk forum BUMD ini malah luar biasa untuk tahun sekarang dibandingkan dengan tahun-tahun kemarin,” tegasnya.

Yuga juga menyampaikan harapannya di HJKS ke-154 tahun 2024.

“Yang pasti sukabumi harus lebih baik, karena apa lagi ini tahun terakhir Bupati memimpin, dan sampai menjelang pemilihan nanti semoga semuanya berjalan lancar, aman, dan kondusif, ” pungkasnya.

Dipenghujung acara, panitia menyajikan sedekah bumi untuk membagikan secara gratis hasil pertanian dari gabungan kelompok tani Bagja Sutra dari Kecamatan Sukabumi sebanyak 10 ton sayuran atau sekitar 6 ribu paket sayuran bagi masyarakat.

Related Articles

Back to top button