Elmitra 95 FMInfo Sukabumi

BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi Sosialisasikan Pelayanan Tatap Muka dan Non Tatap Muka

Radio Elmitra Talkshow – BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi menggelar sosialisasi Talkshow di Radio Elmitra Sukabumi dengan Tema “Pelayanan Tatap Muka dan Non Tatap Muka“ Kamis (29/08/2024).

Dalam talkshow yang dikemas secara menarik dan interaktif tersebut, dipandu oleh Dea menghadirkan narasumber Indra Agustian selaku Kepala Bagian Mutu Layanan kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi.

Diawal talkshow indra mengatakan saat ini BPJS Kesehatan telah menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat yaitu pelayanan tatap muka dan non tatap muka.

Indra menjelaskan tujuan sosialisasi ini untuk memberikan informasi, edukasi dan kemudahkan layanan bagi masyarakat terutama untuk peserta JKN karena pelayanan di BPJS Kesehatan tidak hanya tatap muka tapi juga non tatap muka.

“Bagi masyarakat yang belum terdaftar menjadi peserta JKN atau ingin mendaftar menjadi peserta JKN bisa melalui pelayanan tatap muka seperti datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan, kantor layanan kabupaten, mall pelayanan publik ataupun layanan BPJS Kesehatan Keliling,” ucap Indra, Kamis (29/08).

indihome sukabumi

“Untuk para peserta JKN yang saat ini sedang sibuk ataupun lagi bekerja dan tidak bisa menyempatkan diri ke kantor BPJS Kesehatan, masyarakat umum bisa memanfatkan pelayanan non tatap muka yang disediakan oleh BPJS Kesehatan seperti BPJS Kesehatan Care center 165, Aplikasi Mobile JKN & PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui Whasapp),” ujarnya.

Indra juga menerangkan BPJS kesehatan Care centre 165 merupakan kanal layanan informasi non tatap muka yang dapat diakses oleh peserta maupun masyarakat umum melalui telepon rumah, handphone, maupun akun resmi media sosial BPJS Kesehatan setiap hari selama 24 jam.

Adapun aplikasi mobile JKN adalah kanal layanan berbasis digital yang wajib dmiliki oleh para peserta JKN untuk memfasilitasi peserta dalam mendapatkan informasi dan layanan administrasi kepesertaan yang berkaitan dengan program jaminan kesehatan nasional.

Selain itu juga BPJS kesehatan bisa memanfaatkan layanan PANDAWA Atau Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp, jadi para peserta JKN dapat mengakses layanan dari BPJS Kesehatan di nomor whatApp di 08118 – 165 – 165.

“Melalui aplikasi PANDAWA, para peserta dapat mengakses pelayanan diantaranya pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pengaktifan kembali kartu, pindah jenis kepesertaan dari PBI/PPU non aktif menjadi PBPU/mandiri, perubahan /perbaikan data, perubahan FKTP, pengurangan anggota keluarga, perubahan kelas rawat bagi peserta yang belum membayar iuran pertama,” imbuhya.

Indra berharap melalui talkshow ini, masyarakat bisa sadar tentang pentingnya jaminan kesehatan bagi dirinya dan keluarganya, dan masyarakat pada umumnya bisa sepenuhnya menjadi peserta JKN.

“Supaya masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button