Elmitra 95 FMInfo Sukabumi

Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah, Bapenda Kabupaten Sukabumi Launching Inovasi GEBYAR SIPENYU

Radio Elmitra News – Pemkab Sukabumi melalui Bapenda Kabupaten Sukabumi menggelar launching Program “GEBYAR SIPENYU” (GErakan sadar memBaYAR pajak dan retribuSl melalui PElayanaN rakYat terpadU), di GOR Venue Tinju Palabuhanratu, Senin (26/08/2024).

Peluncuran program diresmikan Bupati Sukabumi Marwan Hamani, turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, Kepala Perangkat Daerah, unsur TNI/Polri, dan  tamu undangan lainnya, serta diikuti sebanyak 1.600 Kepala Dusun (Kadus) se-Kabupaten Sukabumi.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengaku sangat bersyukur adanya inovasi program yang diluncurkan Bapenda Kabupaten Sukabumi tersebut. Marwan menilai GEBYAR SIPENYU diyakini mampu mendorong pendapat asli daerah (PAD) Kabupaten Sukabumi yang semakin lebih baik.

“Ini merupakan program yang dinantikan masyarakat. Dimana, melalui GEBYAR SIPENYU mereka akan mendapatkan pelayanan yang lebih mudah, murah, dan cepat,” ucapnya.

Bupati menyatakan, meningkatkan PAD ini tidak mudah sehingga perlu adanya kolaborasi pentahelix dari semua pihak termasuk peran aktif kepala dusun di setiap Desa dituntut agar lebih intens terhadap masyarakat.

indihome sukabumi

“Bila perlu Babinsa (Bintara Pembina Desa) membantu Kadus untuk mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya membayar pajak,” ujarnya.

Bahkan, kedepan Pemkab Sukabumi akan memberikan reward beasiswa kuliah selain motor dan umroh bagi Desa-Desa yang bagus membayar pajak.

“Kedepan selain kita memberikan reward motor dan umroh seperti yang sudah berjalan saat ini, juga akan memberikan program beasiswa kuliah bagi anak anak mereka,” imbuhnya.

Marwan berharap kepada para kadus di Kabupaten Sukabumi agar terus bersikeras membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan PAD demi pembangunan yang merata dan kesejahteraan masyarakat lebih baik.

“Para kadus ini harus mencari ruang untuk membantu Pemda dalam meningkatkan PAD,”pungkasnya.

Ditempat yang sama Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri menjelaskan program GEBYAR SIPENYU merupakan sebuah inovasi pelayanan masyarakat dimana masyarakat bisa mendapatkan transaksi pembayaran pajak dan retribusi seperti PBB dan non PBB, pajak restoran, hotel, BPHTB dan bahkan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan pajak kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor.

“Sejumlah inovasi yang termasuk dalam Gebyar Sipenyu seperti Pada Nikah Ya, Smart Bapenda, Pastel Isi dan Sipenyu akan memberikan pelayanan yang mudah kepada masyarakat. Bahkan masyarakat sudah bisa cetak SPPT mandiri di inovasi Smart Bapenda secara online via whatsapp dinomor 0857-9888-8110,” terang pria yang akrab disapa Bima, pada Senin (26/08/2024).

Bima berharap kegiatan ini dapat memberikan kemudahan sehingga masyarakat betul-betul merasakan hadirnya pemerintah ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah dan murah.

“Bagi masyarakat yang lunas PBB sampai dengan tanggal 17 Agustus berkesempatan dalam undian hadiah umroh serta undian umroh bagi kadus berprestasi,” tambahnya.

“Ada juga bebas denda pajak mulai 01 Agustus sampai 30 September 2024, jadi manfaatkan GEBYAR SIPENYU doubel untung dimana sudah bebas denda pajak daerah dapat hadiah umroh,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan komitmen kerjasama pelayanan oleh Bapenda dengan beberapa instansi terkait, dan pengundian doorprize umroh dan kendaraan bermotor oleh Bupati Sukabumi, Kepala perangkat daerah, serta tamu undangan lainnya.

Related Articles

Back to top button