Elmitra 95 FMInfo Sukabumi

Samsat Palabuhanratu Teken Kerjasama dengan PT Pos Indonesia dan Bapenda Kabupaten Sukabumi

Radio Elmitra News – Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kabupaten Sukabumi II Palabuhanratu Badan Pendapatan Daerah (Bapenda  Jawa Barat menjalin kerjasama dengan PT Pos Indonesia Cabang Sukabumi dan Bapenda Kabupaten Sukabumi.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan langsung oleh Kepala P3DW Kabupaten Sukabumi II Palabuhanratu, Rendy Supriyatna, Kepala Kantor Pos Cabang Sukabumi, A. Jamil dan Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri.

Kepala P3DW Kabupaten Sukabumi II Palabuhanratu, atau yang biasa disebut Samsat Palabuhanratu, Rendy Supriyatna mengatakan kerjasama dengan PT Pos Indonesia Cabang Sukabumi berkaitan dengan pelayanan pemberitahuan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) kepada terutang para Wajib Pajak.

Hal tersebut disampaikannya saat saat berkunjung ke Kantor PWI Kota Sukabumi, pada Rabu (21/08/2024).

Sedangkan untuk kerjasama dengan Bapenda Kabupaten Sukabumi, karena memiliki berbagai progam yang memudahkan masyarakat untuk membayar pajak, termasuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

indihome sukabumi

Bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, kerjasama yang dibangun akan mendorong tingkat kenaikan bagi hasil.

“Dan Pemkab Sukabumi sangat mendukung program kerjasama ini,” ujar Rendy.

Rendy menjelaskan kerjasama ini merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya dengan PT Pos Indonesia Cabang Sukabumi. Dimana pada tahun 2023 lalu, tingkat kesadaran masyarakat membayar PKB lumayan tinggi.

“Hasil kerjasama dengan PT Pos Indonesia Cabang Sukabumi, berdampak positif terhadap tingkat kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraan. Tahun 2023, pendapatan pajak tertunda sebesar Rp. 6 miliar,” ucapnya.

Dan tahun ini, dengan kerjasama yang berkelanjutan, Samsat Palabuhanratu menargetkan pajak tertunda bisa lebih meningkat dari tahun sebelumnya.

Rendy merinci di tahun 2024 target pendapatan PKB untuk Samsat Palabuhanratu sebesar Rp. 61.240.530.182,- dan hingga Agustus telah terealisasi sebesar Rp. 34.270.864.900,-

Rendy optimis sisa target sebesar Rp 26.969.665.282,- akan dapat terealisasi hingga akhir tahun.

“Sudah tumbuh kesadaran masyarakat untuk membayar PKB tepat waktu. Kerja sama ini kami nilai sangat efektif,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Rendy menerangkan di tahun 2024 ini, Samsat menambah armada baru sebagai upaya untuk memudahkan pelayanan pembayaran PKB supaya lebih cepat efektif, terutama layanan Samades dan Samling,

“Tahun ini memang karena kita difokuskan menambah titik layanan baru, Insya Allah titik layanan baru itu mendekatkan pelayanan kami. Untuk titik layanan masyarakat bisa follow IG kami @samsat.pelabuhanratu, nanti disana ada info lengkap titik layanan samsat, ” imbuhnya.

Bagi baraya samsat dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, di Samsat Induk Palabuhanratu yang beralamat di jalan Jendral Sudirman, Palabuhanratu atau melalui titik layanan, diantaranya Samsat masuk desa, Samsat outlet, Samsat sunset, dan Samsat keliling.

“Adapun jadwal titik layanan samsat palabuhanratu, untuk Samsat Masuk Desa, hari selasa di Desa Cikelat, Kecamatan Cisolok, rabu di Cikidang dan hari kamis di Desa Lengkong Kecamatan Lengkong,”

“Samsat outlet yang berlokasi di Desa Cinagen Kecamatan Jampangkulon,”

“Samsat Sunset yang berlokasi di depan kantor Bank BJB Palabuhanratu.”

“Dan samsat keliling setiap hari senin s/d jumat yaitu pada hari senin di Kecamatan Warungkiara, selasa di Kecamatan Lengkong, rabu di Mareleng Kecamatan Waluran, kamis di Cigaru Kecamatan Simpenan dan hari jumat di Kecamatan Cisolok,” bebernya.

Rendy juga menambahkan jika masyarakat tidak sempat membayar pajak kendaraan di titik layanan samsat, maka para wajib pajak juga bisa membayar pajak kendaraan online melalui aplikasi sapawarga yang dapat diunduh di playstore ataupun appstore.

“Penambahan armada baru dan titik layanan untuk mendekatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat, jadi tunggu apalagi ayo segara bayar pajak tepat waktu dan tepat jumlah, karena Pajakmu untuk Jawa Baratmu,” tandasnya.

sumber : independenmedia.id

Related Articles

Back to top button