Elmitra 95 FMInfo Sukabumi

BNNK Sukabumi ajak Tokoh Agama dalam penanganan pengguna narkoba

Radio Elmitra News – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi melakukan koordinasi dengan Tokoh Agama di Sukabumi Prof. Dr. KH Fajar Laksana dalam konteks penanggulangan narkoba, Senin (12/08/2024).

Kepala BNNK Sukabumi Sudirman mengatakan peran tokoh agama memegang peranan penting, khususnya dalam reorientasi penanganan pengguna narkoba.

“Tokoh agama dapat menjadi salah satu ujung tombak di masyarakat yang bisa mengajak atau mendorong pengguna narkoba keluar dari persembunyiannya dan segera melaporkan dirinya agar direhabilitasi,” ungkapnya.

“Langkah pertama adalah menurunkan Prevalensi dan memutuskan jaringan peredaran gelap narkoba (menekan demand dan Supply). Undang – undang narkotika telah mengatur bagaimana cara menurunkan prevalensi yaitu melalui pendekatan dekriminalisasi dan depenalisasi,” jelasnya.

Sementara itu Prof. Dr. KH Fajar Laksana, mengatakan pendekatan Depenalisasi akan lancar kalau wajib lapor berjalan baik, karena itu perlu ada dukungan instansi/lembaga, Organisasi dan Tokoh Masyarakat untuk mendorong (proses) wajib lapor bisa berjalan baik.

indihome sukabumi

“Sehingga perlunya penyalarasan persepsi bahwa permasalahan narkoba adalah masalah kita bersama dan perlu kerja sama yang baik dalam mewujdkan generasi yang sehat dan berdaya saing di wilayah Kota dan Kab Sukabumi khususnya,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button