Info Sukabumi

Bawaslu tekankan Mentalitas dan Kapasitas kepada PKD pada penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Sukabumi

Radio Elmitra News – Bawaslu Kabupaten Sukabumi melalui Panwaslu Kecamatan melakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah PKD yang tersebar di 47 Kecamatan se-kabupaten Sukabumi dilaksanakan secara bersamaan mulai tanggal 01 juni sd 02 Juni 2024.

Sebanyak 386 PKD yang bertugas di 381 Desa dan 5 Kelurahan akan mengawasi penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barar, serta  Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi yang digelar 27 November 2024 mendatang.

Hasil pantauan dilapangan, kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah PKD yang dirangkaikan dengan Bimtek di Kecamatan Jampangtengah, turut hadiri oleh Kordiv P2HM Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Forkopincam, dan Ketua PPK Jampangtengah di Aula Kantor Kecamatan Jampangtengah, pada Minggu (02/06/2024).

Sebanyak 11 orang PKD resmi dilantik oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Jampangtengah  Iwan Irmawan. 11 PKD tersebut adalah Udoy (Desa Bantaragung), Nisa Awaliyah (Desa Bantarpanjang), Harwandi (Desa Bojongjengkol), Dana (Bojongtipar), Lukman Nurhakim (Desa Cijulang), Yusup Hamdani (Desa Jampangtengah), Yana Suryana (Nangerang), Doni Eka Paksi (Padabeunghar), Jajang (Desa Panumbangan), Usep Sunardi (Desa Sindangresmi), dan Sandi Rahayu (Desa Tanjungsari).

indihome sukabumi

Kordiv P2HM  Bawaslu Kabupaten Sukabumi Muidul Fitri Atoilah menegaskan bahwa PKD sebagai ujung tombak harus memiliki mentalitas  yang kuat dan kapasitas yang mumpini.

“Dan yang paling penting PKD menjadi ujung tombak dilapangan, secara langsung bertemu dengan akar rumput, bertemu dengan tim sukses, tim kampanye, dan lain sebagainya di tiap desanya masing-masing, ” ungkapnya.

“Karena setiap persoalan pasti sebelum masuk ke kabupaten, ya pasti di tingkat desa terlebuh dahulu,’ imbuhnya.

“Makanya saya tekankan kepada seluruh PKD se-kabupaten Sukabumi harus mempunyai mentalitas yang mumpuni kapasitas juga yang kuat untuk dapat mengawal proses pemilihan kepala daerah di kabupaten Sukabumi berjalan dengan sukses,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Jampangtengah  Iwan Irmawan berharap kepada seluruh PKD yang baru dilantik untuk terus jaga soliditas dan integritasnya sesuai amanah UU.

‘Harapan saya kompak selalu,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button