Info Sukabumi

Launching APD Sukabumi Untuk Tingkatkan Kualitas Demokrasi

Radio Elmitra News – Lanunching Akademi Pemilu dan Demokrasi (APD) Sukabumi disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Komisioner Bawaslu Jabar, Bawaslu Kota dan Kabupaten Sukabumi, Senin (12/02/2024).

Kehadiran Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri juga sekaligus membuka seminar nasional bertema menjaga demokrasi Sukabumi yang diselenggarakan APD Sukabumi.  

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Iyos mengapresiasi keberadaan APD. Bahkan, dirinya menarih harapan besar terhadap APD dalam membawa demokrasi di Kabupaten Sukabumi lebih transparan lagi dan lebih baik.

“orang-orang yang berada di APD ini merupakan mantan penyelenggara pemilu. Baik di KPU maupun Bawaslu. Sehingga, tahu betul penyelenggaraan pemilu yang lebih baik dan berkualitas,” ucapnya.  

Iyos meminta APD untuk mengedukasi komunitas hingga masyarakat umum agar kehidupan demokrasi sejatinya yang harus hadir.

indihome sukabumi

“harapannya, hadirnya APD akan ada pencerahan bagi masyarakat,” ujarnya.

Berkaitan Pemilu 2024 sendiri, dirinya menghimbau masyarakat untuk datang ke TPS. Hal itu untuk memilih sesuai hati nurani masyarakat.

“hadir pada waktunya dan laksanakan hak pilihnya sesuai hati nurani. Selain itu, mari jaga kondusifitas di Kabupaten Sukabumi. Insya Allah Sukabumi pasti aman,” ungkapnya.

Koordinator Wilayah APD Sukabumi Teguh Hariyanto mengatakan, kehadiran lembaga tersebut untuk berkontribusi. Terutama dalam menjaga kualitas demokrasi, khususnya di Sukabumi.

“APD ini diisi oleh orang yang ahli dalam kepemiluan serta demokrasi,” bebernya.

Tak hanya itu saja, APD pun berdiri secara nasional hingga ke tingkat bawah. Bahkan sampai ke tingkat kecamatan dan desa.

“kita pun akan ada koordinator di puluhan kecamatan yang ada di Sukabumi. Kita punya banyak produk layanan dan kami sering dilibatkan sebagai pemateri di lembaga penyelenggara pemilu,” jelasnya.

Di tempat yang sama Anggota Badan pengawasan Pemilu (Bawaslu) Jabar, Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Nuryamah menambahkan, pembentukan APD ini sangat luar biasa, pasalnya dirinya langsung menghadiri pembentukan APD secara nasional.

“ini sangat dibutukan untuk berkontribusi kemanfaatan bagi masyarakat terutama soal pemilu,’ imbuhnya.

“saya kira kolaborasi masyarakat penyelenggara tentu juga APD untuk pemilu yang berkualitas, sehingga pemilu bisa melahirkan pemimpin yang baik,” tandasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button