Info Sukabumi

FKRTL Mitra BPJS Kesehatan Sukabumi Siap Terapkan Tranformasi Mutu Pelayanan

radioelmitra95fm.com – BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama petugas dan perwakilan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dalam rangka memperkuat koordinasi berkelanjutan terkait pelaksanaan pelayanan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Kegiatan ini merupakan wadah untuk berdiskusi serta mengevaluasi bersama segala kendala yang ada dalam pelaksanaan pelayanan, serta menambah wawasan seputar Program JKN yang terkini sebagai upaya untuk memastikan pelayanan terbaik kepada peserta,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Dwi Surini pada Jamkesnews, Rabu (22/02).

Dalam paparannya Dwi menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan bagi peserta JKN menjelang satu dekade program ini berjalan, menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini terlihat melalui hasil spot check yang dilakukan terhadap 2.627 rumah sakit sampai dengan bulan Januari 2023. Permintaan fotokopi berkas menurun dari 29% menjadi 0,04%, penggunaan KTP sebagai identitas peserta JKN saat membutuhkan pelayanan meningkat dari 98% menjadi 99,96%, ketersediaan media informasi BPJS SATU! meningkat dari 93% menjadi 99,92%, dan ketersediaan petunjuk arah pelayanan di rumah sakit meningkat dari 90% menjadi 99,58%.

“Bahkan, kenyamanan ruang administrasi pendaftaran meningkat dari 81% menjadi 99%. Pencapaian tersebut sejalan dengan penerapan transformasi mutu pelayanan Program JKN yang mudah, cepat dan pasti,” ungkap Dwi.

Dalam kesempatan yang sama Dwi juga mengimbau petugas rumah sakit terkait untuk selalu melakukan pembaruan data pada Aplikasi Health Facilities Information System (HFIS), yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Aplikasi tersebut dihadirkan untuk mempermudah dan mempercepat proses administrasi yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan. Melalui aplikasi HFIS ini rumah sakit dapat memberikan informasi terkini tentang profil rumah sakit dan dokter yang melayani, yang mencakup profil dokter spesialis dan subspesialis, jadwal praktik dokter, ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pelayanan. Tentunya dengan informasi yang update dari rumah sakit tersebut akan memudahkan dokter di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) memproses rujukan peserta JKN yang membutuhan pelayanan lebih lanjut sesuai dengan indikasi medisnya.

indihome sukabumi

Bagi para petugas dan perwakilan FKRTL mitra yang hadir, pertemuan ini tidak disia-siakan dan mereka jadikan ajang untuk berdiskusi dan mendapatkan solusi terbaik terhadap kendala – kendala yang pernah ditemui saat menjalankan tugasnya. Terlebih, implementasi PIPP di FKRTL diharapkan bisa meningkatkan kepuasan peserta melalui efektivitas proses pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta di FKRTL. Di samping itu juga untuk memperkuat sinergi kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan FKRTL dalam upaya peningkatan pelayanan kepada peserta, dan upaya bersama melakukan perbaikan dan pemantauan hasilnya.

“Pembaruan data rumah sakit melalui aplikasi HFIS membantu kami untuk memberikan informasi pelayanan rumah sakit yang terkini, memudahkan dan memastikan alur rujukan yang harus ditempuh peserta untuk mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan medisnya, serta dengan paparan yang disampaikan oleh pihak BPJS Kesehatan kami dapat meningkatkan wawasan untuk lebih memahami pelayanan JKN sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan dalam melaksanakan pelayanan kepada peserta pun semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik,” ungkap Dian, salah satu perwakilan rumah sakit swasta di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Selain materi mengenai pembaharuan aplikasi HFIS, peserta kegiatan juga diberikan paparan terkini seputar pelayanan JKN terutama tentang pelayanan digital BPJS Kesehatan dan implementasi Permintaan Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di FKRTL. Di sisi lain, terdapat beberapa inovasi pelayanan digital BPJS Kesehatan yang hadir untuk memudahkan peserta, antara lain Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), Aplikasi Mobile JKN, Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA), dan BPJS Kesehatan Care Center 165.

Related Articles

Back to top button