Info Sukabumi

Monev Keuangan bagi Panwascam, upaya Bawaslu Pertahankan Predikat Lembga Transparan

Radio elmitra News – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Keuangan Semester 1 tahun anggaran 2024 bagi Panwascam se-kabupaten Sukabumi. di Hotel Selabintana Sukabumi, Jumat (30/08/2024).

Kegiatan tersebut dibuka Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Faisal Rifa’i, didampingi Kordiv Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Mohamad Muidul Fitri Atoilah, dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Anzar Kusnandar dan seluruh Kasek Panwascam se-kabupaten Sukabumi.

Kordiv Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Mohamad Muidul Fitri Atoilah menyampaikan proses evaluasi perlu dilakukan dalam rangka proses penyusunan keuangan yang merupakan suatu kewajiban dari setiap lembaga bukan hanya bawaslu saja.

“Rapat ini dikhususkan kepada seluruh Panwaslucam yang mana mereka mempunyai alokasi anggaran,” ucapnya.

Mohamad Muidul Fitri Atoilah yang di akrab di sapa Mufa mengungkapkan, rapat tersebut bertujuan mengevaluasi kendala-kendala apa saja yang dimiliki Panwascam ataupun progres yang sudah dilakukan.

indihome sukabumi

“Karena sejauh ini sudah masuk tahapan pemilihan. Sehingga, perlu disampikan pengelolaan anggaran yang baik itu seperti apa,”ujarnya.

Mufa menambahkan, dalam rapat disampaikan terkait penutupan rekening biro BRI dan akan dialihkan ke Bank Mandiri untuk jajaran adhock dalam rangka pengelolaan anggaran dari mulai honor jajaran adhoc, komisioner, panwascam, kesekertariatan, PKD dan PTPS.

“Karena memang pada saat pemilu kemarin itu bank yang ditunjuk Bawaslu RI adalah BRI. Tapi untuk pemilihan kembali pada Mandiri tapi rekening giro BRI ini belum ditutup karena masih ada peralihan,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil pengawasan dan pantauan,lanjut Mufa tidak ditemukan adanya dugaan penyalahgunaan anggaran pada tatanan kecamatan dari mulai pemilu sampai hari ini.

“Panwaslucam kita pantau untuk betul-betul menyerap anggaran sesuai kegunaan yang sudah ditetapkan dalam RAB. Selama pantauan kami (Bawaslu) tidak ada dugaan penyelewengan apapun,” imbuhnya.

Mufa menegaskan pemantauan dilakukan secara optimal karena Bawaslu komitmen untuk mempertahankan predikat Bawaslu, dimana Bawaslu ini sebagai lembaga yang mendapatkan predikat lembaga yang transparan.

“Kita pun beberapa kali mendapatkan WTP dalam hal keuangan dan Kabupaten Sukabumi ini selalu dijadikan sampling untuk pemeriksaan BPK,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button