Info Sukabumi

Ikatan Bidan Indonesia Rayakan HUT ke-73, Tekankan Peran Krusial dalam Hadapi Krisis Iklim Melalui Sinergi dan Kolaborasi Midwive Vital Climate Solution

Radio Elmitra News – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) merayakan hari ulang tahunnya yang ke-73 dengan mengusung tema “Peran Bidan dalam Penguatan Ketahanan Nasional pada Krisis Iklim Melalui Sinergi dan Kolaborasi Midwive Vital Climate Solution”.

HUT ke 73 IBI ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari jadi ke-154 Kabupaten Sukabumi. Perayaan yang berlangsung meriah di Grand Inna Samudra Beach Hotel palabuhan ratu, Sabtu (10/8/2024) ini dihadiri oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Turut hadir mendampingi Bupati Sekda Ade Suryamanm, kepala Dinas Kesehatan Agus Sanusi, Ketua Umum Pengurus Pusat IBI, dr. Ade Jubaedah, Jajaran Forkopimda, SKPD, Rumah Sakit Daerah dan Swasta, Seluruh Organisasi Profesi di Kabupaten Sukabumi dan tamu undangan lainnya.

Acara peringatan HUT IBI kali ini menyoroti peran penting para bidan dalam menghadapi tantangan global, khususnya dalam konteks perubahan iklim yang semakin kompleks. Para bidan, sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak, memiliki peran strategis dalam memastikan kesehatan masyarakat tetap terjaga di tengah berbagai ancaman lingkungan.

Dalam sambutannya, Bupati Sukabumi genap berusia 73 tahun, IBI merupakan suatu organisasi profesi yang sangat matang. Kendati demikian, Bidan mesti berpartisipasi dalam mengentaskan berbagai isu kesehatan yang ada seperti isu stunting maupun isu kesehatan lainnya.

IBI yang notabene adalah oraganisasi profesi kata Marwan, perlu melakukan terobosan yang membawa perubahan sosial secara signifikan terhadap lingkungan hingga masyarakat. 

indihome sukabumi

“Karena itu para bidan harus mampu menjadi penggerak dan jembatan di tengah-tengah masyarakat,” pintanya. 

Terkait dengan tema peringatan  HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Marwan meminta agar para bidan dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui beberapa peran yang diembannya.

“Terimakasih atas dedikasi dan kontribusi bidan untuk pembangunan derajat kesehatan di kabupaten Sukabumi,” tegasnya 

Ketua Umum Pengurus Pusat IBI, dr. Ade Jubaedah mengapresiasi setinggi-tingginya, dimana untuk kegiatan Puncak Peringatan Hari ulang tahun IBI yang ke-73 di Kabupaten Sukabumi ini sangat luar biasa, karena  dihadiri oleh Bapak Bupati secara langsung dan seluruh Forkopimda, SKPD dan juga seluruh Organisasi Profesi lainnya.

“Itu bukti , bahwa Bagaimana kolaborasi sinergitas dan juga bagaimana interprofessional collaboration yang dibangun oleh Ibu Ani dalam rangka untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak di Indonesia khususnya di Kabupaten Sukabumi, yang di mana memang kita sebagai organisasi profesi Bidan Indonesia di mana Kita juga harus menjunjung tinggi kolaborasi dengan antar profesi baik itu profesi bidan, perawat , dokter, apoteker serta Kesehatan lingkungan dan seluruh organisasi profesi Lain juga berbagai  Rumah Sakit.” Tegasnya

Adapun juga di tempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan (DINKES) Agus Sanusi, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-73. Beliau berharap IBI dapat terus meningkatkan profesionalisme dan mencapai kesuksesan yang lebih maju.

‘’IBI ini semakin profesional maju dan tetap sukses, sesuai dengan harapan  tadi sudah sampaikan bahwa salah satunya adalah untuk peran IBI, adalah menekan perogam kb dan percepatan penurunan stunting,  saat ini kerja  keras IBI ini sudah kerasa secara program’’ Ujarnya

Sementara itu, Ketua Pengrus Cabang IBI Kab. Sukabumi Ani Andryani  rasa syukurya atas dukungan yang diberikan  Bupati Sukabumi, Sekda Kabupaten Sukabumi, dan Kepala Dinas Kabupaten Sukabumi. Adapun peringatan HUT ke-73 ini mengusung tema soal peran bidan dalam penguatan ketahanan nasional pada krisis iklim melalui sinergi dan kolaborasi Midwive Vital Climate Solution.

“Sebagai tenaga kesehatan, kami memiliki tugas mendampingi kesehatan ibu dan anak yang merupakan kelompok rentan. Kami juga berperan sebagai penggerak dan pemberdaya masyarakat serta memberikan edukasi untuk membantu pemerintah mengatasi masalah kesehatan, termasuk yang disebabkan isu iklim global,” ujarnya.

“Kami pun melakukan inovasi terkait pencegahan stunting yakni gerakan orang tua asuh bagi bidan dengan inovasinya sehat bersama IBI. Bidan sayang anak bermasalah stunting dan malnutrisi,” kata Ani.

Ani berharap dengan terselenggaranya HUT IBI ke-73, ke depannya bisa terus membantu dan melayani masyarakat seluruh Indonesia, khususnya Kabupaten Sukabumi.

“Harapannya IBI tetap bersinergi, mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat karena pengabdian ini adalah ibadah. Ke depannya kami harus tetap kuat, eksis, dan ikhlas dalam menjalankan tugas dengan harapan output-nya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak, khususnya di Kabupaten Sukabumi,” Pungkasnya

Related Articles

Back to top button