Info Sukabumi

Wisuda 900 Peserta Program Perahu Kertas Kabupaten Sukabumi Angkatan III Tahun 2024

Radio Elmitra News – Pemkab Sukabumi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) melaksanakan wisuda program Perempuan Hebat untuk Keluarga yang Berkualitas (Perahu Kertas) Angkatan III tahun 2024 di GOR Venue Tinju Palabuhanratu, Selasa (23/07/2024).

Sebanyak 900 peserta program Perahu Kertas dikukuhkan Bupati Sukabumi Marwan Hamami, turut hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, Kepala Bidang PKHP DP3AKB Provinsi Jawa Barat Ari Antari Ratna Dewi, Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Yani Jatnika Marwan, Kepala Perangkat Daerah, Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi Unang Sudarma serta tamu undangan lainnya.

Ratusan peserta yang dikukuhkan tersebut berasal dari 9 Kecamatan diantaranya, Kecamatan Sukaraja, Sukalarang, Gegerbitung, Nyalindung, Nagrak, Lengkong, Parakansalak, Bantargadung, dan Kabandungan.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, Program Perahu Kertas merupakan salah satu proyek prioritas yang ditetapkan pada RJPMD 2021-2026.

“Program ini adalah wadah pelatihan dan pembelajaran guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan kaum perempuan di Kabupaten Sukabumi agar semakin mampu mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas keluarganya,” ucapnya.

indihome sukabumi

“Pelantikan ini merupakan bukti komitmen Pemkab Sukabumi untuk memajukan dan memberdayakan potensi diri kaum perempuan agar lebih tangguh dan inovatif dalam berbagai situasi,” ujarnya.  

“Peserta yang di wisuda hari ini agar mengimplementasikan ilmu yang diperoleh selama pelatihan, sehingga kedepan bisa membawa kemajuan pembangunan dan potensi yang dimiliki Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.  

Bupati meminta instansi terkait segera memenuhi target program di dalam perahu kertas, sehingga tercipta citra perempuan Kabupaten Sukabumi yang berwawasan, terampil, dan mampu menjadi teladan di keluarga dan lingkungan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bidang PKHP DP3AKB Provinsi Jawa Barat Ari Antari Ratna Dewi menyambut positif kegiatan pengukuhan program Perahu Kertas Kabupaten Sukabumi, lantaran Perahu Kertas selaras dengan program Sekolah Perempuan Provinsi Jawa Barat.

“Perempuan mempunyai peranan yang sangat penting sebagai salah satu penunjang majunya Daerah dan Provinsi,” imbuhnya.

“Semoga ratusan perempuan yang di wisuda dapat meneruskan ilmunya ke tingkat kecamatan hingga desa untuk menciptakan trainer baru secara berkelanjutan,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Yani Jatnika Marwan mengungkapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menjadikan perempuan perempuan di Kabupaten Sukabumi menjadi perempuan tangguh dan berdaya.

“Kabupaten Sukabumi memiliki 47 Kecamatan, bila semua peserta Perahu Kertas ini dikukuhkan maka kita nanti akan memiliki 4.700 perempuan hebat di Kabupaten Sukabumi untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Sukabumi,” bebernya.

“Melalui program tersebut, kaum perempuan di Kabupaten Sukabumi bisa melahirkan ekonomi usaha untuk keluarga dalam memperkokoh finansial. Oleh karena itu dengan kemampuan yang didapatkan selama pelatihan dalan program Perahu Kertas agar diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Sedangkan Kepala DP3A Kabupaten Sukabumi Eki Radiana Rizki menambahkan bahwa program Perahu Kertas merupakan program pemberdayaan perempuan di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Kita berharap dengan adanya Perahu Kertas ini, perempuan-perempuan di Kabupaten Sukabumi menjadi perempuan yang hebat dan berdaya,” pungkasnya.  

Related Articles

Back to top button