Info Sukabumi

Kadis PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar terima kunjungan Mahasiswa bahas Infrastuktur Jalan dan Pariwisata

Radio Elmitra News – Kepala dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar, mendapatkan kunjungan dari mahasiswa Akademi Pariwisata Citra Buana Indonesia (Akpar CBI), dalam kaitan infrastruktur jalan yang merupakan salah satu penunjang dalam dunia pariwisata, Selasa (14/03/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Asep Japar memaparkan hal-hal positif yang telah dicapai dalam era kepemimpinan Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam pembangunan infrastruktur dan pengembangan pariwista di Kabupaten Sukabumi.

“di kepemimpinan Bupati Marwan, sudah banyak sekali perubahan dalam infrastruktur jalan, di beberapa wilayah yang menuju objek wisata memang harus bagus, namun dengan segala keterbatasannya masyarakat atau pengunjung di mohon untuk maklum,” ungkapnya.

Ada unsur 3A, dalam pokok bahasan antara Kadis PU Asep Japar dengan mahasiswa dari Akpar CBI tersebut, yaitu Atraksi, Aksesibilitas dan Aminitas.

Menurut Kadis PU unsur Atraksi, Aksesibilitas dan Aminitas adalah konsep-konsep penting dalam menunjang pariwisata, Atraksi atau hal yang menarik perhatian atau minat pengunjung, Kabupaten Sukabumi dengan sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) sangat kompleks yang terkenal dengan Gurilaps (gunung, rimba, laut, pantai, sungai dan seni budaya).

indihome sukabumi

Adapun mengenai Aksesibilitas atau kemudahan untuk mencapai sebuah destinasi wisata, Kadis PU Asep Japar menjelaskan semua akses sudah terbuka dan dapat dijangkau.

Sedangkan unsur ketiga yaitu aminitas hotel, diantaranya fasilitas penunjang yang ada di tempat wisata seperti toilet umum, tempat ibadah, tempat jajanan, tempat oleh-oleh.

“infrastruktur pariwisata yang bagus akan mendorong sumber-sumber pertumbuhan baru dan mengungkit pertumbuhan ekonomi wilayah. Selain itu, infrastruktur jalan yang memadai bakal memperkuat konektivitas antarsimpul-simpul pertumbuhan di kawasan industri dan pariwisata,” jelasnya.

“tentu dengan infrastruktur- infrastruktur yang memadai itu tentunya akan meningkatkan, menumbuhkan dan memperbaiki perekonomian warga yang berada di kawasan industri juga pariwisata,” imbuhnya.

Asep Japar berharap pariwisata bisa menjadi diversifikasi sektor ekonomi. Sebab, Kabupaten Sukabumi tidak akan bisa terus menerus bertahan dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Kini, pariwisata menjadi sektor yang menjanjikan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Tapi untuk menuju itu diperlukan infrastruktur yang mendukung.

“Jika infrastrukturnya mendukung, saya optimistis pariwisatanya juga akan meningkat. Sehingga, daya tariknya semakin kuat, yang berujung pada peningkatan ekonomi kita di daerah,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button