Info Sukabumi

Bawaslu Kab.Sukabumi Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama Pramuka Se-kabupaten Sukabumi

Radio elmitra News – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif bersama Pramuka se Kabupaten Sukabumi pada pemilihan serentak tahun 2024.

Kegiatan dihadiri ratusan anggota Pramuka se Kabupaten Sukabumi disalah satu hotel di Jalan Selabintana, Kabupaten Sukabumi, Senin (26/8/2024).

Kordiv penanganan pelanggaran data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Rusmin Nuryadin mengatakan, kegiatan bertujuan lebih ke langkah pencegahan pelanggaran demi berlangsungnya Pemilukada yang sehat.

“Hari ini kita ada kegiatan sosialisasi yang melibatkan Pramuka karena kebetulan pada Bulan Agustus ini merupakan HUT Pramuka yang bertema Pramuka berjiwa Pancasila menjaga NKRI,”kata Rusmin kepada wartawan.

Seiring hal itu lanjut Rusmin, Bawaslu Kabupaten Sukabumi mengapresiasi dengan melakukan kegiatan sosialisasi pengawasan sesuai dengan PKPU 2 2024 terkait tahapan dan jadwal.

indihome sukabumi

“Kemudian kalau kita mengacu kepada perBawaslu 6 2024 itu kan pengawasan penyelengaraan Pilkada jadi dalam hal ini kita tahu Pramuka ini memiliki hak pilih artinya bisa terlibat dalam pengawasan partisipatif demi keadilan pesta demokrasi 27 November 2024,”imbuhnya.

Rusmin menuturkan, keterlibatan Pramuka dalam pengawasan ini bentuk preventif kepada pencegahan atas adanya dugaan-dugaan pelanggaran.

“Jadi hari ini pramuka yang diundang terlibat dalam pengawasan pencegahan artinya dalam hal ini pramuka berperan dalam hal pelaporannya,”tandasnya. (Ndre)

Related Articles

Back to top button