Elmitra 95 FMInfo Sukabumi

Samsat Palabuhanratu Support GEBYAR SIPENYU Bapenda Kabupaten Sukabumi

Radio Elmitra News – Rangkaian peringatan Hari Jadi ke-154 Kabupaten Sukabumi di tahun 2024 semakin meriah, salahsatunya dengan kegiatan launching program GEBYAR SIPENYU.

Dalam rangka mensosialisasikan launching GEBYAR SIPENYU pada 26 Agustus mendatang, Kolaborasi antara Bapenda Kabupaten Sukabumi dan P3DW Kabupaten Sukabumi II Palabuhanratu menyapa masyarakat Sukabumi melalui siaran talkshow di Radio Elmitra Sukabumi, Jum’at (23/08/2024).

Talkshow yang dikemas secara menarik dan interaktif dipandu oleh Dea dan Julio, menghadirkan Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri dan Kepala P3DW Kabupaten Sukabumi II Palabuhanratu atau yang biasa disebut Samsat Palabuhanratu Rendy Supriatna.

Diawal Talkshow, Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) membuat gebrakan baru “GEBYAR SIPENYU” (GErakan sadar memBaYAR pajak dan retribuSl melalui PElayanaN rakYat terpadU).

GEBYAR SIPENYU merupakan sebuah inovasi pelayanan masyarakat untuk bisa mendapatkan transaksi pembayaran pajak dan retribusi seperti PBB dan non PBB, pajak restoran, hotel, BPHTB dan bahkan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan pajak kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor.

indihome sukabumi

“Dalam GEBYAR SIPENYU, kami memberikan dua pelayanan yaitu melalui online via wa boot dinomor 0857-9888-8110 yang disebut Smart Bapenda atau sistem manajemen aplikasi rakyat terpadu, dimana semua sudah mengintegrasikan pelayanan yang berbasis online,dan bahkan masyarakat sudah bisa cetak SPPT mandiri ” ungkap Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri, atau yang akrab disapa Bima, Jum’at (23/08/2024).

Selain pelayanan online ada juga pelayanan offline disebut PASTEL ISI (Pasar Pelayanan Pajak Teladan Terintegrasi). Pelayanan ini merupakan pelayanan mobil keliling yang akan datang ke wilayah Kecamatan dan Desa untuk mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan jadwal tertentu.

“Pelayanan ini bergerak bersama ke wilayah memberikan pelayanan publik secara langsung, selain pelayanan pajak daerah, ada juga pelayanan pajak kendaraan bermotor, pelayanan kesehatan gratis, pelayanan Administrasi kependudukan, pelayanan perijinan, pelayanan kartu kuning serta menghadirkan UMKM lokal,” imbuhnya.

Selain itu kata Bima, ada hadiah umroh bagi masyarakat yang lunas PBB sampai dengan tanggal 17 Agustus serta undian umroh bagi kadus berprestasi.

“Ada juga bebas denda pajak mulai 01 Agustus sampai 30 September 2024, jadi manfaatkan GEBYAR SIPENYU doubel untung dimana sudah bebas denda pajak daerah dapat hadiah umroh,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Samsat Palabuhanratu Rendy mengapresiasi GEBYAR SIPENYU, dan akan mendukung penuh dengan hadir acara launching nanti untuk menyemarakkan GEBYAR SIPENYU dan juga mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Intinya memang kalau untuk kami, baik Bapenda Jabar maupun P3DW atau Samsat Palabuhanratu dan juga Cibadak yang notabene wilayah layanan di Kabupaten Sukabumi, kami adalah sama-sama petugas pajak, jadi artinya memang kita mengumpulkan pajak dari masyarakat dikumpulkan untuk kesejahteraan Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Sukabumi, dalam hal ini pelayanan kami hadir di tengah-tengah masyarakat lebih mudah lagi,” ucapnya.

“Jadi untuk di acara GEBYAR SIPENYU, kita dari Samsat Palabuhanratu nanti akan ada booth atau Samsat keliling yang sudah disediakan, silakan datang ke stand kami kalaupun tidak membayar pajak hanya bertanya terkait perihal pajak pun, akan kita sediakan doorprize untuk pengunjung,” ujarnya.

Rendy menyebut kehadiran Samsat Palabuhanratu pada launching GEBYAR SIPENYU juga untuk mengajak masyarakat memanfaatkan layanan Smart Bapenda 0857-9888-8110 untuk kemudahan pelayanan pembayaran pajak.

“Bukan hanya untuk yang bayar pajak, tapi memang yang datang untuk misalkan coba cek nomor layanan Smart Bapenda karena didalam nomor layanan itu juga terdapat akses pajak kendaraan bermotor motor, jadi bisa bayar pajak juga melalui online, tinggal masukin nomor polisi nanti dapat kode bayar lalu dibayarkan, setelah dibayarkan nanti struknya bisa ditukarkan di samsat terdekat atau mungkin samsat induk pada jam kerja,” bebernya.

“Layanan Samsat keliling hadir untuk menyemarakkan acara GEBYAR SIPENYU dan juga mendekatkan lagi pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Diakhir talkshow, Bima mengajak masyarakat kabupaten Sukabumi untuk datang ke layanan GEBYAR SIPENYU atau di Sukabumi EXPO mulai tanggal 26 Agustus sd 10 September 2024.

“Manfaatkan kemudahan layanan atau hanya konsultasi terkait seputar layanan yang disediakan Pemkab Sukabumi,” imbaunya.

“Terkait khusus GEBYAR SIPENYU, kami ingin terus meningkatkan pelayanan, memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, sehingga dirasakan kedepan bahwa pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat, bahwa pemerintah anda untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button