Info Sukabumi

Evaluasi dan Tasyakur Binni’mah Penyelenggaraan Ibadah Haji 2024 Kabupaten Sukabumi

Radio Elmitra News – Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi melaksanakan  Evaluasi dan Tasyakur Binni’mah Penyelenggaraan Ibadah Haji 2024 Kabupaten Sukabumi, Rabu (31/07/2024).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Tasyakur atas selesainya pembangunan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Kabupaten Sukabumi, Cikembar, Sukabumi, dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi Dadang Ramdhani, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kemenag Jabar Boy Hari Novian, Asda Pemkesra Boyke Martadinata, Ketua PPIHD Kabupaten Sukabumi Abdul Manan,  unsur Forkopimda, Perangkat Daerah, para Petugas Haji daerah dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya Ketua PPIHD Kabupaten Sukabumi Abdul Manan menyampaikan seiring dengan sinergitas Pemerintah Daerah, Kementrian Agama dan berbagai stakeholder penyelenggaraan ibadah haji di kabupaten Sukabumi dapat berjalan dengan sangat baik dan lancar dari mulai pemberangkatan sampai dengan kepulangan.

“Tentu saja semua ini tidak lepas dari dukungan dan doa dari semua pihak, terutama yang terlibat didalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah Kabupaten Sukabumi tahun 2024,” ucapnya.

“Saya selaku Ketua mendo’akan semoga bapakibu yang terlibat dalam kepanitiaan, suatu hari nanti mendapat kan kesempatan, keberkahan bisa menunaikan ibadah haji di tanah suci,” ujarnya.

indihome sukabumi

“Dari kuota kabupaten Sukabumi 1.704 jamaah, Alhamdulillah 1.702 jamaah kembali ke tanah air dengan selamat, yang terbagi kedalam 4 kloter dari kloter 3, 14, 40 dan 50, ada 2 jamaah yang wafat di tanah suci” ungkapnya .

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, Dadang Ramdani menyatakan apresiasi terhadap seluruh pihak dan stakeholder yang telah terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji 2024.

“Kemudian kami juga mohon dukungan kepada seluruh jajaran masyarakat kabupaten Sukabumi, alim ulama, tokoh masyarakat untuk senantiasa mendukung, menjaga kondusivitas, sehingga pelayanan haji di kabupaten Sukabumi dari tahun ke tahun semakin baik. Kita bersyukur juga bahwa penyelenggaraan, pemberangkatan, dan pemulangan kemarin banyak testimoni yang diberikan masyarakat dan stakeholder terkait atas kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini,” tuturnya.

“Kita pun menyadari jika ada kekurangan-kekurangan, Insya Allah kita sama-sama kedepan saling menjaga agar kondisi pelayanan kita semakin baik,” tambah Kakan Kemenag Kabupaten Sukabumi.

Dadang juga menyatakan apresiasi kepada Dinas Kesehatan yang telah berjibaku bekerja 24 jam penuh menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan bagi jemaah haji asal Kabupaten Sukabumi.

“Itu juga salah satu indikator kesuksesan kita, kita bisa menekan jumlah jemaah sakit, dan meninggal, artinya pelayanan kita betul-betul memberikan apa yang dibutuhkan masyarakat,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kemenag Jabar, Boy Hari Novian, menyatakan apresiasi atas kinerja Kemenag Kabupaten Sukabumi yang telah sukses memberikan pelayanan optimal Jemaah Haji 2024.

“Dari hasil kerja keras PPIHD Kabupaten Sukabumi kami melihat semua stakeholder yang terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji 2024 sudah sangat baik, Pemerintah Daerah, Forkopimda, kemudian Kemenag Kabupaten Sukabumi sudah terjalin kerjasama yang baik,” kata Boy Hari Novian dalam acara evaluasi dan tasyakur binni’mah atas penyelenggaraan ibadah haji Kabupaten Sukabumi 2024, Rabu (31/07).

“Sehingga jamaah diberikan pelayanan terbaik. Dan dari testimoni jemaah menyatakan bahwa operasional tahun ini kabupaten Sukabumi memberikan pelayanan haji lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” tambah Boy Hari Novian kepada awak media di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Kabupaten Sukabumi, Cikembar, Sukabumi.

Boy Hari Novian memastikan bahwa penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2024 oleh Kemenag Kabupaten Sukabumi mendapat evaluasi positif dari jamaah karena fasilitas yang semakin baik setiap tahunnya.

“Kami harapkan ini bisa berlanjut di tahun berikutnya meningkatkan pelayanan lebih baik lagi dan menjaga momentum yang sudah didapatkan kementerian agama Kabupaten Sukabumi tahun ini,” tandasnya.

Sedangkan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Setda Kabupaten Sukabumi, Boyke Martadinata yang hadir mewakili Bupati Sukabumi, menegaskan bahwa guna menyukseskan pelayanan ibadah haji, Pemkab Sukabumi akan senantiasa mensupport Kementerian Agama.

“Berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji, Kami tentunya akan mensupport setiap penyelenggaraan ibadah haji sebagaimana selama ini telah kita lakukan, pelayanan kesehatan, dinas kesehatan, dan semua perangkat daerah Kabupaten Sukabumi akan kami instruksikan untuk senantiasa bersinergi dengan Kemenag dalam rangka penyelenggaraan ibadah haji,” jelasnya.

Apresiasi diungkap Boyke dengan menurunnya angka kematian jemaah asal Kabupaten Sukabumi di tanah suci, hal tersebut menjadi salahsatu indikator jika pelayanan kesehatan yang diberikan PPIHD dan Kemenag Kabupaten Sukabumi kepada jemaah cukup optimal.

“Tahun ini alhamdulillah ada penurunan angka kematian yang meninggal dunia, mudah-mudahan itu juga akibat pelayanan yang telah kita berikan, karena informasi yang beredar suhu disana sangat panas,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button