Info Sukabumi

DINAS PU KABUPATEN SUKABUMI GELAR PELATIHAN TENAGA TERAMPIL KONSTRUKSI

elmitra news – Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi menggelar Pelatihan Tenaga Terampil konstruksi Manajemen Konstruksi, Kegiatan tersebut di laksanakan di Balroom Resort Hotel Pangrango, Selabintana, (13/5/2024)

Pelatihan Tenaga Terampil konstruksi Manajemen Konstruksi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para tenaga terampil konstruksi di daerah tersebut.

Pelatihan ini dibuka oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi  Dede Rukaya, dihadiri oleh Kabid Jasa Konstruksi Dinas PU Kabupaten Sukabumi Ali Subhan yang diikuti sebanyak 40 peserta

Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Dede Rukaya Menyampaikan, bahwa pelatihan ini merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) bidang jasa konstruksi.

“Salah satu fungsi DPU (Dinas Pekerjaan Umum) adalah mengadakan pelatihan terkait jasa konstruksi. Salah satu poin penting pelatihan ini adalah membekali PPK dan perangkat kegiatan dengan pengetahuan tentang manajemen konstruksi secara menyeluruh,” ujar Dede Rukaya.

indihome sukabumi

Dede Rukaya menjelaskan bahwa PPK dan perangkat kegiatan perlu memahami kaitan antara teori manajemen konstruksi dengan pelaksanaannya di lapangan.

“Peserta pelatihan harus bisa menginterpretasikan dan menerapkan teori manajemen konstruksi dalam pekerjaannya sehari-hari,” jelas Dede Rukaya.

“Hal ini penting untuk memastikan bahwa pelaksanaan konstruksi di Kabupaten Sukabumi memenuhi standar kualitas dan keselamatan kerja,” tambahnya.

Dede Rukaya juga menekankan pentingnya pelatihan ini bagi penyedia jasa konstruksi.

“Pelatihan ini juga penting bagi penyedia jasa konstruksi, agar mereka mampu melaksanakan pekerjaannya dengan baik dan sesuai dengan dokumen perencanaan yang ada,” kata Dede Rukaya.

“Jika penyedia jasa konstruksi tidak memahami dokumen perencanaan, maka dikhawatirkan akan terjadi kesalahan dalam pelaksanaan konstruksi,” tambahnya

DPU Kabupaten Sukabumi berencana untuk mengadakan pelatihan serupa secara berkala.

Sementara itu, Kabid Jasa Konstruksi Dinas PU Kabupaten Sukabumi Ali Subhan menambahkan, bahwa pelatihan ini diselenggarakan sesuai dengan amanat UU Jasa Konstruksi itu UU No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi yang mewajibkan para pekerja konstruksi untuk memiliki keahlian dan kompetensi di bidangnya masing-masing.

“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keahlian dan kompetensi para tenaga terampil konstruksi sehingga mereka dapat menghasilkan pekerjaan konstruksi yang berkualitas tinggi,” ujar Ali Subhan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button