Info Sukabumi

Sumber Daya Manusia Dan Sentuhan Terhadap Teknologi Menjadi Evaluasi KPU Kabupaten Sukabumi Dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024

Radio Elmitra News – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi melaksanakan Rapat Evaluasi Tahapan Pemilu Tahun 2024 bersama PPK dan PPS Se-Kabupaten Sukabumi di Resort Pangrango Sukabumi , Kamis (04/04/2024).

Rapat tersebut bertujuan untuk mengkaji keberhasilan dan kekurangan penyelenggaraan Pemilu 2024 di tingkat Kabupaten Sukabumi.

Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi Budi Ardiansyah menyampaikan beberapa poin penting dalam evaluasi umum, antara lain Penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Sukabumi berjalan dengan lancar dan tertib.

‘’Partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 cukup tinggi, KPU Kabupaten Sukabumi berhasil menerapkan teknologi informasi dalam beberapa tahapan pemilu seperti dalam proses pendaftaran dan verifikasi partai politik, serta dalam proses rekapitulasi hasil suara,” ungkapnya.

Budi Ardiansyah yang juga menjabat Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi menjelaskan bahwa rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi secara menyeluruh tahapan menjelang  penyelenggaraan Pilkada Sukabumi di Bulan November mendatang.

indihome sukabumi

“Ini evaluasi umum terkait dengan proses tahapan penyelenggaraan pemilihan umum 2024 di Kabupaten Sukabumi, terutama tahapan-tahapan yang dilaksanakan atau melibatkan teman-teman adhoc,” jelasnya.

“Jadi evaluasi ini untuk mengukur, pertama adalah apa yang menjadi keberhasilan, yang kedua apa yang menjadi kekurangan pada proses pemilu sebelumnya, supaya menjadi bahan untuk pelaksanaan Pilkada mendatang,” imbuhnya.

Budi menegaskan KPU Kabupaten Sukabumi sebagai lembaga vertikal, pada sisi sistem maupun regulasi akan taat dan patuh terhadap aturan KPU RI.

“Pada sisi sumber daya manusia, perbaikan kedepan ini tentunya pasti kami akan lakukan, yang pertama pada sisi penguatan kemampuan penyelenggaraan dan pemahaman regulasi, serta yang kedua sentuhan terhadap teknologi yang tidak bisa terhindarkan dalam pemilu ini,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Internal KPU Kabupaten Sukabumi, Samingun menambahkan rapat evaluasi ini juga untuk mengukur efektivitas sistem dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Alhamdulillah, Kita sudah sesuai dengan jadwal dan tahapan, tentunya ini adalah ajang silaturahmi yang terakhir berkaitan dengan akhir masa jabatan dari PPK dan PPS,” bebernya.

“Tentunya banyak sekali yang harus kita perbaiki dikemudian hari terkait tata kelola adhoc,  karena kemarin ada 3 bulan kekosongan sebelum kita menjabat sebagai komisioner, tapi sampai akhir semua aman, terkendali sesuai dengan arahan KPU RI,” pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button