Elmitra 95 FMInfo Sukabumi

Pelantikan Serentak 70 Kepala Desa Terpilih di Kabupaten Sukabumi

Radio Elmitra News – Sebanyak 70 orang dari 38 kecamatan di Kabupaten Sukabumi resmi menjadi kepala desa. Hal itu pasca pelantikan serentak yang dilakukan Bupati Sukabumi  Marwan Hamami, yang juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara, di Hotel Sukabumi Indah Selabintana, Rabu (15/11/2023).

Para kepala desa yang baru dilantik ini, merupakan hasil pilkades serentak siklus II gelombang II tahun 2023, yang akan mengemban jabatan hingga enam tahun mendatang terhitung dari tahun 2023 sd 2029.

Dalam sambutannya, Marwan Hamami mengatakan, pelantikan ini merupakan momen yang sangat penting. Sebab, kepala desa terpilih telah disahkan sesuai mekanisme dan ditegaskan dalam regulasi yang mengatur untuk memimpin wilayahnya.

“pasca pelantikan saudara sebagai kepala desa, kewenangan dan tugas serta fungsinya sudah melekat menurut kapasitasnya dan sah secara hukum,” ucapnya.

Marwan menyebut pelantikan ini harus menjadi momen untuk meluruskan niat, menguatkan tekad, dan memantapkan langkah. Terutama, dalam membuat perubahan positif yang berkelanjutan. Hal itu demi kemajuan daerah dan masyarakat sejahtera lahir batin.

indihome sukabumi

“tumbuh kembangnya kemajuan pembangunan di desa, termasuk tingkat kesejahteraan desa terletak pada kepiawaian kepala desanya,” ujarnya.

Marwan juga menitipkan sejumlah pesan kepada para kepala desa yang baru dilantik, dimulai dari karakter diri yang harus menjadi panutan bagi perangkat desa beserta masyarakat.

“Sikap, tindakan, keputusan, dan kebijakan yang ditetapkan/dikeluarkan harus hati-hati. Tidak boleh kontroversi, apalagi berpotensi merugikan publik,” ungkapnya.

“Perhatian yang tak kalah penting bagi kepala desa adalah penerapan tertib dan disiplin penggunaan anggaran. Jadi, fokuslah bekerja dan layani masyarakat sebaik mungkin. Jangan lupa, penuhi janji untuk memberikan yang terbaik tanpa membenturkan nilai dan norma,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi Gun Gun Gunardi menambahkan sebelumnya selama 4 hari para kepala desa terpilih sudah menjalankan pembinaan dan pelatihan, diantaranya berkaitan pemerintahan, wawasan kebangsaan etika dan model kepemimpinan.

“kami berharap 70 orang hari ini sudah dilantik, kita sudah lakukan pembinaan, kita juga sudah lakukan pelatihan ESQ untuk benar-benar memahami tugas pokok dan fungsinya, mereka (kepala desa) juga menunaikan tanggungjawabnya untuk bisa memajukan desanya itu yang paling penting, masyarakat sejahtera kemiskinannya berkurang,” jelasnya.

“harapan kami juga para kepala desa yang baru dilantik juga bisa merangkul, kemarin kan masyarakat terpecah-pecah, hari ini para kepala desa itu harus merangkul semua golongan, konsolidasi internal karena itulah nanti yang akan menjadi pendorong kemajuan di desa,” imbuhnya.

Sebelumnya diketahui bahwa Pilkades Serentak Siklus II Gelombang II Tahun 2023 di Kabupaten Sukabumi yang diikuti 71 Desa di 38 Kecamatan, namun baru melantik 70 orang, terkait 1 Kepala Desa yang belum dilantik, Gun Gun menjelaskan masa jabatan Kepala Desa Cipeuteuy Kecamatan Kabandungan sampai tanggal 20 November, jadi baru akan dilantik setelah masa jabatan berakhir.

“sesuai arahan yang disampaikan pak Bupati bahwa masa jabatan kepala desa itu 6 tahun, jadi kita menghargai aturan itu,” tandasnya.

Related Articles

Back to top button