Elmitra 95 FMInfo Sukabumi

BNNK Sukabumi bersama Tim Terpadu P4GN gelar Operasi Gabungan “Bersinar”

Radio Elmitra News – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi menggelar konferensi pers Operasi Gabungan “BERSINAR” Bersih Narkoba Tim Terpadu P4GN Kabupaten Sukabumi bersama Civitas Akademika dan Masyarakat Tahun 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor BNNK Sukabumi, Jalan R.A. Kosasih, Ngaweng, Sukabumi, pada Senin (06/11/2023), juga dihadiri oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Kodim 0622, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Ormas Laskar Fiisabilillah.

Kepada awak media, Kepala BNNK Sukabumi Dr. M. Retno Daru Dewi menjelaskan operasi gabungan “BERSINAR” digelar untuk menjawab keresahan masyarakat atas dugaan maraknya penyalahgunaan narkotika di berbagai lapisan terutama di Tempat Hiburan Malam (THM).

“Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sukabumi bekerjasama dengan tim terpadu melaksanakan razia di 3 titik THM, diantaranya Hotel Bayu Amarta, Cek Ombak dan Puri Palabuhanratu pada Sabtu malam (04/11/2023),” ucapnya.

Langkah ini sebagai bentuk harmonisasi P4GN dengan Tim Terpadu P4GN di Kabupaten Sukabumi mengajak kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, titik-titik rawan peredaran gelap narkoba di Kabupaten Sukabumi tidak lepas dari pantauan BNN Kabupaten Sukabumi.

indihome sukabumi

 “Hal ini dilakukan untuk meninjau peredaran dan penyalahgunaan narkoba menjelang akhir tahun 2023,” ujarnya.

Dalam kegiatan razia yang dilakukan secara mendalam dan terkoordinasi, Tim Tepadu P4GN  bersama instansi penegak hukum lainnya melakukan tes urine terhadap setidaknya 14 orang pengunjung tempat hiburan malam di berbagai lokasi di Palabuhanratu.

“hasil tes urine mengarah pada penangkapan 1 orang yang diduga kuat terlibat dalam penyalahgunaan narkotika,” ungkapnya.

“Pelaku yang diamankan saat kegiatan tes urine narkoba itu, kini sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut oleh BNNK Sukabumi,” tegasnya.

Lebih lanjut Retno mengungkapkan BNNK Sukabumi terus melakukan proses pemeriksaan secara intensif guna mengungkap peran tersangka dalam peredaran narkotika serta menemukan informasi mengenai pemasok barang haram tersebut.

“Selain menekankan tindakan penegakan hukum, kegiatan ini juga merupakan bentuk upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkotika. Edukasi dan sosialisasi mengenai dampak negatif narkotika harus terus ditingkatkan, sehingga masyarakat lebih berhati-hati dan sadar akan risiko yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan narkotika,” jelasnya.

Kepala BNNK Sukabumi menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya P4GN di wilayah Sukabumi.

“Harapan kedepan adanya penggalangan kekuatan massif untuk bersama dalam perang melawan narkoba, Salam War On Drugs !!! Speed Up Never Let Up!!!,” tandasnya.

Sementara, perwakilan Bakesbangpol Kabupaten Sukabumi, Ediyatna Susila menambahkan Operasi Gabungan ini merupakan salah satu implementasi dari Perda No 4 Tahun 2020 tentang P4GN.

“BNNK Sukabumi bersama stakeholder terus melakukan inovasi dan gebrakan untuk mewujudkan Sukabumi Bersinar (Bersih Narkoba),” bebernya.

Ediyatna menegaskan Operasi Gabungan ini juga merupakan upaya yang ditunjukan oleh Tim Terpadu P4GN sebagai bentuk keseriusan dan kesunggguhan untuk mengatasi masalah darurat narkoba.

“oleh karena itu, mari kita dukung langkah-langkah dari BNNK dan Tim Terpadu P4GN untuk Sukabumi benar-benar bersih dari narkoba,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button