Info Sukabumi

Berkat Mobile Customer Service, Pelayanan JKN lebih dekat dan mudah

Radio elmitra news – Adanya Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi disambut baik oleh masyarakat. Dengan prinsip pelayanan menjemput bola atau lebih mendekati peserta, diharapkan mampu membantu peserta JKN maupun masyarakat luas untuk mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan mereka.

“MCS ini tidak hanya diperuntukkan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saja. Masyarakat umum yang belum terdaftar pun bisa mendapatkan pelayanan informasi seputar Program JKN atau mendaftar menjadi peserta JKN. Petugas kami siap melayani,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Dwi Surini saat ditemui oleh tim Jamkesnews, Kamis (23/02).

Selain untuk mendekatkan layanan ke tengah masyarakat, sejak tahun 2018 MCS kerap dilakukan dalam rangka optimalisasi perluasan pendaftaran peserta JKN, terutama segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Dengan MCS, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengurus keperluannya tanpa perlu mendatangi kantor BPJS Kesehatan.

“Adapun pelayanan yang dapat diperoleh di MCS BPJS Kesehatan antara lain adalah mendaftar menjadi peserta JKN, perubahan data peserta, hingga pemberian informasi seputar Program JKN. Selain itu, petugas kami pun dapat memandu peserta dan masyarakat yang ingin memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN atau inovasi pelayanan JKN digital lainnya,” ujar Dwi.

Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan MCS ini diharapkan selain meningkatkan pemahaman peserta dan masyarakat akan pentingnya JKN,  juga dapat memberikan kesan mendalam dan dampak positif peserta dan masyarakat tentang Program JKN. Terlebih, program ini dinilai yang  tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat sehari–hari.

indihome sukabumi

“BPJS Kesehatan selalu dan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan melalui kegiatan MCS ini kami berupaya untuk melayani sampai ke daerah – daerah yang memerlukan pelayanan JKN tapi terhambat waktu dan jarak tempuh yang jauh. Semoga semakin banyak lagi masyarakat yang lebih memahami pentingnya program JKN, dan mempersiapkan untuk menjadi peserta JKN saat dalam kondisi sehat, tidak menunggu sakit itu datang,” ungkap Dwi.

Inovasi pelayanan digital BPJS Kesehatan yang telah hadir untuk kemudahan peserta mendapatkan pelayanan tersebut adalah Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA), dan BPJS Kesehatan Care Center 165. Terpantau oleh Jamkesnews,  peserta dan masyarakat yang  mendatangi MCS tampak tertarik dengan inovasi-inovasi pelayanan digital tersebut. Apalagi, hanya melalui handphone pelayanan JKN yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat dapat diakses.

“Sudah lama saya mengetahui kalau pelayanan BPJS Kesehatan itu sudah banyak yang dapat di akses secara online, kebetulan tadi saya lihat MCS ini. Saya dipandu petugas memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN, mulai dari download, registrasi, sampai dengan mencoba fitur-fitur yang ada. Saya akan meneruskan informasi yang saya dapatkan ini kepada teman dan keluarga, masih ada yang ragu untuk menjadi peserta JKN karena takut menemui kendala saat mendaftar. Ternyata mendaftar pun bisa melalui aplikasi Mobile JKN ini, sangat mudah dan cepat.” ujar Ahmad, salah satu pengunjung MCS hari ini.

Masyarakat lain yang datang pun mengapresiasi pelayanan MCS dari BPJS Kesehatan yang mendekat ke lingkungan dekat domisili mereka ini, serta mereka mengakui bahwa pelayanan seperti ini sangat membantu. MCS dinilai sebagai bukti bahwa BPJS Kesehatan selalu mengupayakan transformasi mutu pelayanan yang terbaik bagi peserta JKN dan masyarakat luas. Mereka pun berharap kegiatan MCS ini dapat terus memberikan pelayanan dan menjangkau daerah lain yang lebih membutuhkan terutama daerah pelosok.

Related Articles

Back to top button