Info Sukabumi

Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pilkada 2024, KPU Kabupaten Sukabumi Gencarkan Sosialisasi

Radio Elmitra News – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi menggelar Jalan Santai dan Peluncuran Kirab  Pilkada Serentak tahun 2024 bertempat di Lapang Birul Walidain Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (12/10/2024).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian sosialisasi yang dilaksanakan KPU kabupaten Sukabumi dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih pada perhelatan Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang.

Jalan Santai dan Peluncuran Kirab Pilkada dibuka Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, didampingi komisioner KPU, Bawaslu, unsur Forkopimda, Perangkat Daerah, Forkopimcam, penyelenggara dan pengawas Pilkada di tingkat kecamatan dan desa, serta diikuti oleh 800 orang peserta.

Anggota KPU Kabupaten Sukabumi, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Samingun mengatakan antuasias masyarakat di kecamatan lengkong cukup tinggi untuk mengikuti acara ini.

“Kegiatan hari ini, kami KPU Kabupaten Sukabumi  dalam rangka sosialisasi mengadakan jalan santai dan peluncuran kirab Pilkada, Alhamdulillah antusias masyarakat di kecamatan Lengkong ini luar biasa, walaupun ada juga yang dari luar Kecamatan mengikuti kegiatan,” ucapnya.

indihome sukabumi

“Ada 800 peserta kurang lebih yang mengikuti jalan santai ini dan juga nanti ada 6 mobil yang tadi sudah diluncurkan oleh pak Sekda untuk keliling di 47 Kecamatan,” ujarnya.

“Jadi mobil yang kita bagi ke 6 dapil ini akan meluncur dan berkeliling satu hari di setiap Kecamatan untuk menyampaikan sosialisasi terkait hari pelaksanaan dan peserta pilkada serentak tahun 2024,” ungkapnya.

Samingun menjelaskan Lengkong dipilih untuk jadi lokasi kegiatan kerena berdasarkan hasil Pemilu Nasional 2024, Kecamatan Lengkong tergolong yang rendah partisipasi pemilihnya.

“Berdasarkan Pemilu nasional kemarin, Kecamatan Lengkong ini tidak sampai 60% partisipasi pemilihnya, makanya diadakan di Lengkong ini agar warga masyarakat mengetahui dan ada ketertarikan untuk nanti menyalurkan hak pilihnya di Pilkada  2024,” bebernya.

“Pesan untuk masyarakat, pastikan terdaftar dalam DPT maka silakan cekdptonline.go.id, dan kami berharap masyarakat pemilih dapat mengunakan hak konstitusinya pada 27 November nanti, ” ajaknya.

Sementara itu, Sekda Ade Suryaman menyambut baik kegiatan ini, menurutnya KPU dapat melaksanakan sosialisasi dengan metoda yang luar biasa, seperti kirab dan jalan santai ini.

“Ini terobosan yang luar biasa. Sosialisasi kepada masyarakat secara berjenjang lewat jalan santai dan kirab,” jelasnya.

Dirinya berharap, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Selain itu, sosialisasinya pun bisa ampuh dan sampai ke khalayak luas, sehingga target pemilih di Pilkada 2024 meningkat.

Tak hanya itu saja, Sekda pun meminta masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan. Sehingga, pelaksanaan Pilkada 2024 bisa berjalan aman, damai, dan lancar.

“Tapi tujuan utama adalah memberikan sosialisasi bahwa pelaksanaan Pilkada nanti pada tanggal 27 November hari Rabu bisa partisipasinya meningkat, khususnya kecamatan Lengkong, Hasil evaluasi kecamatan Lengkong kemarin terendah, mudah-mudahan di pilkada serentak mendatang partisipasi pemilih di kecamatan Lengkong bisa naik,” tegasnya.

Sedangkan, Camat Lengkong Ade Rikman mengaku optimis partisipasi pemilih di pilkada nanti dapat meningkat. Sesuai dengan moto Lengkong “INOHONG” (Inovatif, Harmonis, Optimis dengan Ngaji), kedepan seluruh pihak akan bergerak untuk meningkatkan psrtisipasi pemilih. 

“Insya Allah, karena memang catatan dari KPU bawah kecamatan Lengkong terendah, kita akan meningkatkan dengan segala ikhtiar dan usaha dengan order to door karena memang banyak warga yang keluar daerah, juga banyak petani, dan rentang kendali yang sangat jauh, sehingga menyulitkan untuk ibu-ibu atau bapak-bapak yang punya hak pilih datang ke TPS,” tambahnya.

“Dengan kegiatan ini memberikan motivasi dan support bagi kami, khususnya forkopimcam, ppk, panwas untuk bergerak lebih aktiof lagi, dan target kita mudah-mudahan bisa tercapai 80%,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Dapil 5, Asri Mulyawati menegaskan untuk meningkatkan partisipasi pemilih perlu lebih digencarkan sosialisasi kepada masyarakat.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini, partisipasi pemilih meningkatkan yang tadinya 52% minimal ke angka 60 sampai 70%,” tuturnya.

“Kalau, misalkan hari ini tidak terketuk dengan acara gebyar, mungkin harus disentuh  melalui door to door. Banyak hal juga sebenarnya bisa dilakukan juga sosialisasinya harus  lebih ditingkatkan lagi,” pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button