Elmitra 95 FMInfo Sukabumi

Jambore Literasi Momentum mendorong pertumbuhan Literasi untuk kemajuan daerah

Radio Elmitra News – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman menutup jambore literasi di Komplek GOR Pemuda, Kecamatan Cisaat, Kamis (26/09/2024).

Kegiatan yang digagas Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sukabumi ini, diisi berbagai kegiatan dan perlombaan yang berkaitan literasi. Mengingat, betapa pentingnya literasi bagi kemajuan suatu daerah.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan pengukuhan duta baca kecamatan dan peluncuran Buku Digital Cerdaskan dan Tingkatkan Literasi (Budi Centil).

Sekda H. Ade Suryaman dalam sambutannya mengatakan, jambore ini harus menjadi momentum bagi masyarakat untuk rajin berkunjung ke perpustakaan. Terutama memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia di perpustaakan.

“Manfaatkan fasilitas di perpustakaan. Baik dengan membaca buku secara fisik maupun digital,” ucapnya.

indihome sukabumi

Apalagi, literasi menjadi salah satu jalan dalam mencerdaskan anak bangsa. Di mana, akhir dari semua itu adalah terwujudnya kesejahteraan.

“Melalui literasi, kita mencoba mencerdaskan kehidupan bangsa. Setelah cerdas bisa menjadi sejahtera,” ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya berpesan kepada semua pihak intuk mempromosikan perpustakaan Kabupaten Sukabumi. Sehingga, semakin banyak yang berkunjung dan meningkatnya literasi masyarakat.

“Mari bersama-sama kita promosikan perpustakaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Nurhadisaputra menjelaskan literasi merupakan sesuatu yang sangat penting. Bahkan, dari sisi peningkatan SDM.

“Tanpa literasi, akan sulit meningkatkan SDM,” bebernya.

Namun bagi Kabupaten Sukabumi ini luar biasa. Hal itu terlihat dari kemeriahan jambore literasi.

“Ini bisa menjadi pendongkrak. Ini semangat awal untuk Kabupaten Sukabumi,” tegasnya.

Sedangkan Pustakawan Utama Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi menyebut pentingnya literasi, bahkan permasalahan kehidupan bisa selesai ketika masyarakatnya literat.

“Mari kita jadikan Kabupaten Sukabumi yang literat,” singkatnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi Hj. Aisah berharap dengan kegiatan Jambore Literasi ini dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Gemar Membaca (TGM) masyarakat.

“IPLM di kabupaten sukabumi  masih 62,43 jad dalam kategori sedang, juga tingkat kegemaran membaca kita masih dalam kategori sedang 42,46 sehingga perlu ditingkatkan, salahsatunya melalui jambore literasi ini,” tuturnya.

Disinggung terkait peluncuran peluncuran Buku Digital Cerdaskan dan Tingkatkan Literasi (Budi Centil), Hj. Aisah angkat suara.

“tadi ada peluncuran budi centil, yaitu satu buku digital dimana masyarakat bisa mengakses buku-buku melalui budi centil,” tambahnya.

“Kalau sekarang kan perkembangannya era digitalisasi, sehingga memang kegemaran anak itu mulai beralih dari membaca buku secara fisik ke digital, makanya kita fasilitasi dengan budi centil,” tandasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button