Info Sukabumi

Talkshow dan Jambore Forum Anak Daerah Kabupaten Sukabumi “Gali Potensi, Raih Prestasi”

Radio Elmitra News – Dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional ke-40 tahun 2024, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi mengelar Talkshow dan Jambore Forum Anak Daerah, bertempat di Hotel Pangrango Selabintana, Sukabumi, Selasa (27/08/2024).

Talkshow Pemenuhan Hak Anak yang mengusung tema “Gali Potensi, Raih Prestasi” menghadirkan narasumber Bunda Forum Anak Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan, Kepala Bidang PHA DP3AKB Provinsi Jawa Barat Rumondang Rumapea, dan Pemerhati Perlindungan Anak Deri Irawan.

Dalam sambutannya Kepala DP3A Kabupaten Sukabumi Eki Radiana Rizki mengatakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) adalah Kabupaten/Kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

“Konsep KLA dibentuk untuk menyesuaikan sistem pelaksanaan pemerintah Indonesia, yaitu melalui otonomi daerah,” ucapnya.

“Dengan tujuan akhir Indonesia Layak Anak (IDOLA) yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030,” ujarnya.

indihome sukabumi

“Salah satu upaya dalam mewujudkan kabupaten Sukabumi menjadi Kabupaten Layak Anak adalah dengan dibentuk Forum Anak Daerah yang berfungsi sebagai salah satu wadah partisipasi anak untuk berperan serta dalam menyampaikan aspirasi, suara, pandangan, keinginan, dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabid PHA pada DP3A Kabupaten Sukabumi, Elis Sajaah menjelaskan Forum Anak Daerah (FAD) merupakan wadah partisipasi anak dalam pembangunan daerah yang memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menyuarakan aspirasi, pendapat, serta berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan program-program yang berkaitan dengan pemenuhan hak anak.

“Pembentukan Forum Anak Daerah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan pemenuhan hak-hak anak sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Perlindungan Anak,” tuturnya.

Menurut Elis, tujuan pembentukan FAD untuk Mewujudkan partisipasi aktif anak-anak dalam proses pembangunan daerah.

“Selain itu juga untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran anak-anak tentang hak-hak mereka, membangun kapasitas anak-anak untuk berperan sebagai agen perubahan dalam komunitasnya, dan mengembangkan jejaring kerja sama antara anak-anak, pemerintah, dan masyarakat dalam pemenuhan hak anak,” jelasnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu 2 hari, yaitu hari Selasa tanggal 27 Agustus dan juga hari Rabu tanggal 28 Agustus 2024. Kurang lebih kita melibatkan 80 peserta yang terdiri dari unsur forum anak daerah sendiri karena kita sudah melakukan kegiatan rekrutmen forum anak daerah untuk kepengurusan yang baru, yang dibagi dalam 3 divisi di bidang kesekretariatan, kepengurusan dan juga fasilitator,” tambahnya.

Hj. Elis meyakini pembentukan Forum Anak Daerah diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Sukabumi.

“Dengan adanya Forum ini, anak-anak akan memiliki wadah untuk menyuarakan aspirasi dan berperan aktif dalam pembangunan daerah,” tandasnya.

Related Articles

Back to top button