Info Sukabumi

30 Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Teknologi Informasi  

Radio Elmitra News – Sebanyak 30 pelaku UMKM mengikuti pelatihan teknologi informasi sebagai upaya peningkatan kapasitas koperasi, usaha mikro dan kecil.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 27 sd 29 Agustus 2024, dibuka Kepala Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DKUKM) Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi, didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro Virly Virliana, serta narasumber dan diikuti 30 orang peserta.

Kepala DKUKM Kabupaten Sukabumi, Sigit Widarmadi mengatakan melalui pelatihan teknologi informasi diharapkan kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Tadi dipembukaan saya sampaikan, informasi dari narasumber agar bisa diserap oleh para peserta, peserta jangan malu bertanya dalam rangka digitalisasi bagi UMKM, bisa untuk pemasaran produknya,” ucap Sigit, Selasa (27/08/2024).

“Jadi kalau melalui digital, melalui platform yang ada, salah satu narsumnya dari tokopedia, platform yang ada bisa facebook, instagram, dll, agar dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan perekonomian pendapatan dari para pelaku UMKM,” ucapnya.

indihome sukabumi

“Jadi kalau konvensionalnya dagang di rumah atau di toko, itu paling yang datang tetangga. Tetapi kalau melalui platform digital, kita dagang di rumah, produksi di rumah yang belinya bisa orang cirebon, bisa orang jakarta, bisa orang luar negeri malah, karena itu digital tanpa batas.,” ungkapnya.

Sigit juga berharap dngan pelatihan digital ini nanti kedepannya melalui program pemerintah agar produk pelaku UMKM dapat masuk ke e-katalog lokal.

“E-katalog yang bisa produk-produknya dimanfaatkan oleh perangkat daerah ataupun pemerintah daerah kabupaten, juga pemerintah daerah yang lainnya,” imbuhnya.

“Utamanya dengan dilakukannya pelatihan ini, peningkatan kemampuan, peningkatan kapasitas dari pelaku UMKM meningkat, kemudian ada ide-ide ada yang bisa dilakukan untuk proses digitalisasi berkaitan dengan pemasaran, dan ujungnya untuk peningkatan ekonomi para pelaku UMKM,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro pada DKUKM Kabupaten Sukabumi, Virly Virliana menambahkan tujuan kegiatan pelatihan ini untuk memberikan pemahaman dasar tentang konsep dan strategi sosial media marketing, dan meningkatkan keterampilan pelaku usaha mikro dalam mengelola media sosial sebagai sarana pemasaran produk.

“Dengan pelatihan ini juga dapat mendorong peningkatan penjualan produk usaha mikro melalui platform digital, kemudian untuk memperluas jangkauan pasar produk usaha mikro di Kabupaten melalui media sosial,” terangnya.

“output dari kegiatan ini yaitu peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari para peserta yaitu pelaku usaha mikro,” tambahnya.

Sejauh ini, Virly menilai para pelaku UMKM sudah mengenal platform digital marketing, tinggal penguatan pemahaman dan peningkatan kapasitas.

“Alhamdulillah, UMKM di Kabupaten Sukabumi sudah mengenal cuma mungkin mereka itu cara maintenance yang belum maksimal, kalau untuk masuk ke platformnya mereka sudah masuk, ada yang ke shopee, ada yang ke tokopedia, cuma mereka masih sedikit pemahamannya tentang maintenancenya bagaimana meningkatkan penjualan di media sosial,” tuturnya.

“Tentunya, karena setiap kegiatan kita harus ada outcame, jadi setelah diberikan pelatihan harus ada dampaknya, dan akan ada monitoring dari DKUKM,” tandasnya.

Related Articles

Back to top button