Elmitra 95 FMInfo Sukabumi

Sinergi BPJS Kesehatan dan PMI Kota Sukabumi Gelar Donor Darah

Radio Elmitra News – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-56, BPJS Kesehatan Sukabumi melibatkan Unit Transfusi Darah PMI Kota Sukabumi menggelar aksi donor darah sebagai bentuk aksi peduli terhadap masyarakat yang membutuhkan. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Dwi Surini menuturkan melalui aksi donor darah yang dilakukan BPJS Kesehatan Sukabumi membuktikan komitmennya dalam mewujudkan Indonesia yang lebih sehat. Menurutnya, setiap tetes darah yang disumbangkan adalah bentuk kepedulian nyata bagi masyarakat.

”Sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan, saya mengajak seluruh pegawai BPJS Kesehatan untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. Melalui aksi ini, saya berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya ketersediaan darah,” ujar Dwi pada Selasa (13/08).

Dwi menjelaskan, kegiatan donor darah ini diikuti oleh Duta BPJS Kesehatan Sukabumi yang dengan antusias dan sukarela berpartisipasi dalam aksi ini. Kegiatan ini telah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi dan diharapkan kantong darah yang terkumpul dapat membantu ketersediaan stok darah yang dapat digunakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Aksi ini diharapkan juga sejalan dengan semangat dalam implementasi tata nilai organisasi BPJS Kesehatan yaitu Integritas, Kolaborasi, Pelayanan Prima, dan Inovatif yang disingkat INISIATIF. Makna INISIATIF ini diharapkan dapat mendorong seluruh pegawai memberikan layanan yang terbaik bagi peserta JKN,” kata Dwi.

Dwi menjelaskan sebelum melakukan donor darah, Duta BPJS Kesehatan melakukan pendaftaran mengisi data pribadi hingga melakukan skrining kesehatan dengan mengisi riwayat penyakit terlebih dahulu untuk mengetahui apakah calon telah memenuhi persyaratan secara umum.

indihome sukabumi

“Selain untuk menambah stok ketersediaan kantong darah bagi PMI, donor darah ini juga besar manfaatnya, seperti mencegah risiko terkena penyakit jantung, kolesterol, hingga kanker, menurunkan berat badan, serta bisa mendeteksi penyakit serius. Donor darah juga mendorong proses peremajaan sel-sel darah, artinya darah di dalam tubuh kita akan digantikan oleh darah baru yang lebih baik dan sehat, sehingga tubuh bisa menjadi lebih bugar dan produktif,” ujarnya.

Donor darah juga memiliki peran penting dalam dunia kesehatan, darah yang didonorkan menjadi sumber kehidupan bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah, seperti penderita penyakit kronis, korban kecelakaan, serta mereka yang menjalani operasi. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima donor darah, tetapi juga bagi para pendonor sendiri. Selain berkontribusi dalam membantu sesama, para Duta BPJS Kesehatan yang melakukan donor darah juga mendapatkan manfaat kesehatan.

Manajer Mutu Unit Transfusi Darah PMI Kota Sukabumi Haidir Nafis, menyampaikan apresiasinya terkait pelaksanaan donor darah oleh BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi. Hal ini tentunya membantu dalam mengupayakan pemenuhan kantong darah di Kota Sukabumi.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang diikuti oleh BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi. Sebagai informasi, rumah sakit di wilayah Kota Sukabumi membutuhkan 2000 kantong darah setiap bulannya. Dengan adanya kegiatan bakti sosial donor darah yang secara diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, sangat membantu sekali dalam upaya pemenuhan darah untuk masyarakat Kota Sukabumi,” tutur Nafis.

Nafis berharap kerja sama dalam pelaksanaan kegiatan donor darah ini dapat terus berlanjut sehingga dapat membantu stok ketersediaan kantong darah yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat yang membutuhkan.

 “Harapannya kerja sama kegiatan donor darah ini terus berlanjut dan menjadi role model bagi instansi yang lain untuk menggugah kesadaran berbagi sekaligus menjadikan donor danar sebagai lifesyle atau gaya hidup sehat masyarakat Kota Sukabumi,” tutup Nafis.

Related Articles

Back to top button