Info Sukabumi

Sri : Kontrol Setiap Bulan, Mudah Ada Mobile JKN

Radio Elmitra News – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus meningkatkan kualitas layanan agar seluruh masyarakat dapat merasakan manfaatnya. Hal ini dapat terwujud tentunya dengan berbagai upaya yang dilakukan termasuk pelaksanaan Transformasi Mutu Layanan yang mudah, cepat, dan setara.

Transformasi ini terus dilakukan, salah satunya dengan transformasi digital melalui pengembangan aplikasi yaitu Mobile JKN sebagai inovasi dari BPJS Kesehatan guna memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan. Salah satu fitur yang terdapat di Aplikasi Mobile JKN yaitu Pendaftaran Antrean Online, yang memudahkan peserta untuk mendaftar ke fasilitas kesehatan.

Peserta JKN asal Desa Ciloto, Sri Ganefiyati (59) telah merasakan manfaat dari adanya transformasi digital. Dengan hadirnya fitur Antrean Online pada Aplikasi Mobile JKN, dirinya merasakan kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan.

“Dengan adanya fitur pendaftaran Antrean Online, saya merasa terbantu sekali saat mendaftar ke fasilitas kesehatan, dulu sebelum ada Mobile JKN saya masih manual datang ke rumah sakit untuk mendaftar dari pagi hari. Kalau sekarang, sudah bisa daftar online melalui handphone, tanpa perlu antre lama-lama di faskes,” ungkap Sri.

Ia menceritakan pengalamannya yang sering menggunakan Program JKN saat berobat ke salah satu rumah sakit di Cianjur. Ia merasakan kemudahan-kemudahan saat dilayani di fasilitas kesehatan tersebut.

indihome sukabumi

“Beberapa bulan ini saya sering menggunakan layanan Program JKN, awalnya saya berobat ke klinik sesuai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdaftar, lalu dikarenakan gula darah saya tidak kunjung turun, saya dirujuk ke salah satu rumah sakit. Alhamdulillah saya diberikan pengobatan yang baik oleh fasilitas kesehatan, lalu disarankan untuk melakukan kontrol setiap bulan di rumah sakit tersebut,” ujar Sri.

Sri menyampaikan bahwa dengan adanya Mobile JKN sangat membantu ia dalam melakukan kontrol, karena pendaftaran layanannya dilakukan secara online via Aplikasi Mobile JKN.

“Saat ini saya kan perlu kontrol setiap bulan, jadi cukup dari rumah saya daftar online, saya bisa melakukan kontrol tanpa perlu khawatir tidak kebagian nomor antrean. Jika tidak ada Mobile JKN, mungkin saya harus antre lebih lama untuk dapat dilayani,” kata Sri.

Selain menghemat waktu, Antrean Online juga memberikan kepastian waktu pelayanan. Peserta dapat mengetahui kapan giliran mereka akan dipanggil sehingga dapat mengatur waktu dengan lebih baik. Hal ini sangat bermanfaat bagi peserta yang memiliki pekerjaan atau aktivitas lain.

Mobile JKN yang mudah diakses oleh seluruh peserta, telah banyak dirasakan manfaatnya oleh berbagai kalangan. Seperti yang Sri sampaikan, bahwa Aplikasi Mobile JKN ini mudah diakses, hanya saja perlu mempelajari lebih lanjut untuk penggunaannya.

“Saya mengapresiasi adanya Aplikasi Mobile JKN yang mudah digunakan oleh siapa saja, namun bagi saya tetap perlu mempelajari lebih lagi, maklum sudah usia lanjut. Tetapi, selama saya menggunakan Mobile JKN, saya rasa tidak ada kendala, dan pendaftaran layanan untuk kontrol saya setiap bulan pun dapat terlaksana dengan adanya Mobile JKN,” ungkap Sri.

Ia menyampaikan harapannya terkait proses rujukan dari FKTP ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) melalui Aplikasi Mobile JKN. Ia juga mengutarakan terkait harapannya kepada BPJS Kesehatan sebagai pelaksana Program JKN.

“Semoga kedepannya dapat dipermudah lagi proses rujukan dari FKTP ke FKRTL terkait waktu pendaftaran online melalui Aplikasi Mobile JKN. Saya juga berharap semoga BPJS Kesehatan semakin jaya dan sukses dalam melaksanakan Program JKN,” tutup Sri.

sumber : jamkesnews.com

Related Articles

Back to top button