Info Sukabumi

Tarian STBM Hakli Kabupaten Sukabumi Bawa Pesan Penting di Opening Ceremony HCS 2024

Radio Elmitra News – Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Cabang Kabupaten Sukabumi mendapat kesempatan istimewa di acara pembukaan Healthy Cities Summit ke-6 tahun 2024, yang diselenggarakan di Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin (29/07/2024).

Kegiatan Healthy Cities Summit ke-6 tahun 2024 yang dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Restuardy Daud, dihadiri oleh peserta dari 66 Kabupaten/Kota atau 17 Provinsi se-Indonesia, perwakilan Kementerian, Fornas, dan tamu undangan lainnya.

HAKLI Kabupaten Sukabumi yang saat ini diketua oleh Ujang Soleh Suryaman menampilkan 5 Penari Duta STBM dengan tarian STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang memuat pesan kesehatan lingkungan dengan iringan musik kontemporer yang dipadu dengan beberapa lagu daerah.

Seksi Advokasi Hakli Kabupaten Sukabumi Yuni Sri Heryanti mengatakan di acara pembukaan Healthy Cities Summit ke-6 tahun 2024, para Duta STBM menampilkan Tarian STBM untuk mengingatkan kepada semua bahwa mari menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan menerapkan 5 pilar sanitasi total berbasis masyarakat.

“mudah-mudahan STBM ini menjadi kebutuhan sekarang itu, karena salah satunya persyaratan kabupaten/kota sehat harus ODF, pesan STBM yang pertama kan stop buang air besar sembarangan,” ungkapnya.

indihome sukabumi

Yuni menjelaskan kegiatan kabupaten/kota sehat sangat identik dengan upaya mengelola kesehatan lingkungan jadi semua petugas kesehatan lingkungan (sanitarian) tentu bekerja sesuai dengan fungsinya untuk sama-sama menyukseskan KKS.

“Seperti menyiapkan setiap lokus yang akan dikunjungi, sebagai kondisi kabupaten/kota yang telah meraih swasti Saba wistara,” tegasnya.  

Yuni berharap melalui penampilan duta STBM dapat menyampaikan pesan dan membudayakan STBM ke semua peserta HCS  dan umumnya kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kesehatan lingkungan.

“Menciptakan kondisi lingkungan yang sehat Itu kan dimulai dari diri sendiri ya, makanya kita budayakan STBM, jadi kita mengingatkan kepada semua, sehingga di awal kita diberi kesempatan untuk menyampaikan tentang pesan-pesan stbm dalam bentuk tarian,” imbuhnya.

“Mari jaga kebersihan diri dan lingkungan dengan menerapkan 5 pilar sanitasi total berbasis masyarakat, 1 stop buang air besar sembarangan, 2 Cuci tangan pakai sabun, 3 kelola makanan dan minuman dengan aman, 4 kelola sampah dengan dengan benar, dan 5 kelola air limbah dengan aman , itu pesan yang disampaikan oleh teman-teman para duta stbm melalui tarian, supaya lebih mudah diingat,” tandasnya.

Related Articles

Back to top button