Info Sukabumi

Peresmian Masjid Besar Birrul Walidain di Desa Tegallega Kecamatan Lengkong

Radio Elmitra News – Staf Ahli Bupati Sukabumi, Jujun Juaeni mewakili Bupati Sukabumi Marwan Hamami meresmikan Masjid Besar Birrul Walidain di Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Selasa (03/09/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Jujun mengapresiasi dan bangga atas selesainya pembangunan Masjid Besar Birrul Walidain dan menjadi simbol memajukan syiar agama Islam.

“Mewakili Bupati Sukabumi, mengapresiasi sekaligus meresmikan masjid ini. Alhamdulillah berkat kerjasama Pemdes Tegallega, Forkopimcam Lengkong, para Inohong Lengkong dan semua warga bisa mewujudkan pembangunan masjid ini. Semoga masjid ini bisa dimakmurkan dengan berbagai kegiatan keagamaan,” ungkap Jujun, pada Selasa (03/09).

Jujun juga menyampaikan pesan-pesan penting bagi masyarakat Lengkong.

“Di masjid seyogyanya ada aktivitas lima kali dalam sehari. Jika tidak demikian bukan masjid namanya. Masjid selain sebagai tempat beribadah juga sebagai tempat pembinaan umat. Mudah mudahan mesjid yang diresmikan dan menjadi kebanggaan warga Kecamatan Lengkong ini bisa dimakmurkan oleh warganya,” singkatnya.

indihome sukabumi

Kegiatan yang digelar Pemdes Tegallega dan Pemcam Lengkong itu merupakan rangkaian acara Hari Ulang Tahun Desa Tegallega Ke 40, peletakan batu pertama pembangunan kantor Desa Tegallega, Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke 154 dan menyambut Muharam 1446 H. Puncak acara akan diisi dengan tabligh Akbar dan qori oleh Muammar ZA.

Hadir dalam acara tersebut unsur Forkopimda, perwakilan Kepala Perangkat Daerah, Forkopimcam, Ormas, OKP, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan undangan lainnya.

Sementara itu dalam sambutannya Camat Lengkong Ade Rikman menyampaikan Kecamatan Lengkong dengan masyarakatnya sangat luar biasa. Menurutnya, visi Kabupaten Sukabumi, terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang religius, maju, inovatif, menuju masyarakat yang sejahtera lahir batin, yang beriman dan berbudaya juga berdaya saing, miniaturnya ada di Kecamatan Lengkong.

“Alhamdulilah kami di Kecamatan Lengkong menjalin sinergitas dengan semua unsur. Kami sadar bahwa jalinan kerjasama dengan fentahalik sangan diperlukan untuk sebuah kemajuan,” jelasnya. 

“Kecamatan Lengkong dengan jargon Inovatif, Harmonis, Optimis, dan dengan Ngaji (Inohong) siap mendukung dan mensukseskan visi misi Kabupaten Sukabumi,” tegasnya.

Sedangkan, Kepala Desa Tegallega Fuad Abdul Latif kepada awak media mengatakan pembangunan Masjid Besar Birrul Walidain yang pelaksanaanya satu tahun, dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp 2 miliar yang bersumber dari swadaya sebesar 30 persen serta bantuan Yayasan sebesar 70 persen.

“Masjid ini menjadi masjid besar kecamatan. Nantinya selain sebagai pusat peribadatan juga sebagai pusat pergerakan perjuangan soal keagamaan. Selain pelaksanaan salat fardhu kegiatan lain seperti pengajian mingguan untuk anak-anak, dewasa juga pengajian bulanan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi Unang Sudarma yang hadir diacara tersebut, menuturkan dirinya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemerintah Desa Tegallega dan Pemerintah Kecamatan Lengkong.

“Saya mengapresiasi adanya kolaborasi yang terjalin antara pemerintah Desa Tegallega dengan Pemerintahan Kecamatan Lengkong juga pihak lain sehingga terbangunnya masjid yang sungguh megah. Semoga adanya Masjid besar ini bisa menambah dan meningkatkan kegiatan keagamaan di masyarakat. Tapi jangan lupa tetap membayar zakat,” tandasnya.

Related Articles

Back to top button