Info Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi gelar Sosialisasi Optimalisasi PBB P2, Tingkatkan Capaian Realisasi PBB Manfaatnya akan kembali ke Desa   

Radio Elmitra News – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Sosialisasi Optimalisasi PBB P2 (Penetapan 1, 2 dan 3) di Lingkungan Pemerintahan Desa Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 13 sd 16 Mei 2024 di Hotel Sukabumi Indah Selabintana, dan diikuti oleh 386 Kepala Desa dan Lurah se-kabupaten Sukabumi.

Kegiatan Sosialisasi ini merupakan bentuk keseriusan Bapenda Kabupaten Sukabumi, khususnya Bidang Penagihan dan Pemeriksaan dalam upaya mengoptimalkan PAD sektor PBB P2, dengan menghadirkan narasumber dari Unsur Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi (Kasi Pidsus dan Kasi Datun, Unsur Kepolisian (Kanit Tipikor Polres Sukabumi, Inspektorat, dan Kepala Bidang Pendataan dan Penetapan

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan kesadaran para kepala desa mengenai pentingnya pencapaian realisasi penerimaan PBB P2 yang menjadi salahsatu sektor pajak yang memberikan kontribusi terhadap kesinambungan pembangunan di daerah pemerintahan.

Herdy Somantri yang akrab disapa Bima juga akan terus melakukan langkah-langkah strategis untuk memotivasi masyarakat agar taat terhadap retribusi dan pajak daerah di Kabupaten Sukabumi.

indihome sukabumi

“Beberapa langkah stategis disusun bersama jajarannya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, selain melakukan intensifikasi dan ektensifikasi, juga membuat terobosan inovasi baru,” ungkapnya.

“Ada program gebyar sipenyu, yang artinya ini gerakan bayar dan sadar retribusi dan pajak edisi nyabet untung, program ini sebagai bentuk apresiasi terhadap masyarakat yang telah taat membayar retribusi,” tandas Bima, Senin (13/05/2024).

Sementara Kepala Bidang Penagihan dan Pemeriksaan Aris Hidayat menjelaskan tujuan dari kegiatan sosialisasi ini untuk mengefektifkan pelaksanaan strategi penagihan dan pemeriksaan PBB P2 yang ada di desa agar lebih fokus dan terarah sehingga dapat mencapai realisasi pendapatan yang sesuai dengan target yang telah ditentukan

“selain itu untuk meningkatkan pemahaman para Kepala Desa terkait manfaat PBB P2 untuk mendorong pembangunan di pemerintahan kabupaten Sukabumi,” ucapnya.

“dan juga meningkatkan kesadaran para perangkat desa atas sanksi hukum yang diberikan apalabila terdapat indikasi penyalahgunaan wewenang dan penggelapan pajak,” ujarnya.

Aris berharap dengan adanya sosialisasi ini, tingkat pemahaman Kepala Desa menjadi lebih baik dan capaian realisasi setor pajak dari PBB lebih meningkat.

“dan saya yakin, Insya Allah kedepan mudah-mudahan ada efek positif yang dihasilkan dari kegiatan sosialisasi ini,” imbuhnya.

Aris juga menyebut kegiatan Sosialisasi Optimalisasi PBB P2, mendapat dukungan dan arahan dari Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan pendapatan pajak dari PBB di tahun 2024.

“memang ini adalah arahan beliau (pak kaban), karena memang beliau menggas bahwa ayo kita lakukan apa upaya yang memang bisa mendongkrak tingkat pengoptimalan dari sisi realisasi   pendapatan pada tahun sekarang,” bebernya.

“temasuk beliau menginstruksikan untuk menyebarluaskan program gebyar sipenyu,” pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button