TEBAR BIBIT IKAN, UPAYA LESTARIKAN HABITAT IKAN

elmitra 95 FM Juni 18, 2021 0
TEBAR BIBIT IKAN, UPAYA LESTARIKAN HABITAT IKAN

Radio Elmitra News – Lembaga Swadaya Masyarakat Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung (LSM Dampal Jurig) Jabar dan Sahabat Merwan Hamami Iyos Somantri (Samahi Centre) yang bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sukabumi beserta PK KNPI Kadudampit menggelar bakti sosial berupa penebaran benih bibit ikan nila dan tawes, bertempat di Situ Gunung, Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jum’at (18/06/2021).

Sebanyak 4.500 bibit ikan nila dan 4.000 bibit ikan tawes dengan total 9.500 bibit disebarkan dibeberapa alur sungai serta sisanya dibagikan kepada warga, kelompok tani, pondok pesantren, ikatan remaja masjid, serta komunitas pemuda lainnya.

Irvan Aziz ketua LSM Dampal Jurig dan Samahi Centre mengatakan bahwa kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk melestarikan habitat ikan tawes.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mensukseskan program Gerakan Ketahanan Pangan dan meningkatkan taraf ekonomi warga serta menjaga habitat ikan tawes yang mulai langka.” ungkapnya.

Penggagas acara, FKPPLH mengharapkan nantinya masyakatan dapat menikmati hasilnya serta dapat merawat, membudidayakan, dan ikut melestarikannya.

Santi perwakilan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sukabumi menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk dorongan terhadap visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi.

“Masyarakat agar mampu memanfaatkan sumber daya alam yang ada demi kesejahteraan serta program yang dikampanyekan pemerintah yaitu gemar mengkonsumsi ikan sebagai penambah gizi.” pungkasnya.

Asep Suganda Kepala Resort Situ Gunung mengungkapkan hal serupa bahwa menurutnya kegiatan ini adalah hal yang positif dan sebagai dukungan program pemerintah.

Leave A Response »