PELATIHAN PENGEMASAN SENI, UPAYA MENINGKATKAN SDM KESENIAN TRADISIONAL BERKUALITAS

elmitra 95 FM Juni 19, 2021 0
PELATIHAN PENGEMASAN SENI, UPAYA MENINGKATKAN SDM KESENIAN TRADISIONAL BERKUALITAS

Radio Elmitra News – Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengemasan Seni bertempat di Pondok Alief Ujung Genteng Sukabumi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Rabu (16/06/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpora Kabupaten Sukabumi Yanti Irianti beserta empat narasumber diantaranya Abah Ruskawan, Achmad Dayari, Ade Suarsa, Saiman dan sejumlah peserta yang merupakan praktisi seni dan budaya sekabupaten Sukabumi.

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpora Kabupaten Sukabumi Yanti Irianti mengatakan, Pelatihan Pengemasan Seni ini merupakan bagian dari program pengembangan seni tradisional sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia kesenian tradisional khususnya di Kabupaten Sukabumi.

Yanti Irianti menambahkan, kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai upaya mendukung pengembangan Ciletuh Pelabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) sebagai destinasi pariwisata untuk meningkatkan daya tarik wisata budaya.

“Harapannya para pelaku seni budaya yang sudah mendapatkan pelatihan ini dapat mengimplementasikannya kedalam pengelolaan sanggar kepada anak didiknya.” tuturnya.

Sementara itu salah satu narasumber pada kegiatan tersebut Abah Ruskawan mengatakan, untuk bisa melestarikan seni tradisi dan budaya yang ada di Kabupaten Sukabumi tidak bisa dilakukan hanya oleh para praktisi seni, penggiat budaya atau dinas terkait saja. Tapi diperlukan sinergitas dari para pemangku kebijakan dan stakeholder terkait untuk melestarikannya.

“Mudah-mudahan saja kegiatan ini menjadi titik menggeliatnya untuk bisa dikembangkannya seni budaya yang ada di Kabupaten Sukabumi.” tandasnya.

Leave A Response »