ZONASI, JARAK TEMPUH KE SEKOLAH BUKAN LAGI HALANGAN

elmitra 95 FM June 26, 2019 0
ZONASI, JARAK TEMPUH KE SEKOLAH BUKAN LAGI HALANGAN

Pada hari Kamis, 20 Juni 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi mengadakan talkshow di Radio Elmitra guna mensosialisasikan kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) Online.

Sebagai Narasumber, hadir H. Dudi Fathul Jawad M.Pd sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Drs Dikdik K. M.pd sebagai Kepala Bidang Pendidikan Dasar, dan Drs. Mulyadi M.Eng sebagai Kepala Seksi Kelembagaan dan Kurikulum.

Kebijakan PPDB Online tahun 2019/2020 ini mengacu pada perda No 23 yang mana pelaksanaan PPDB dilakukan melalui mekanisme zonasi tempat tinggal calon peserta didik baru. Dengan persentase Zonasi minimal 90% dan Non Zonasi maksimal 10%

Jalur non zonasi (10%) adalah penerimaan peserta didik baru terhadap kelompok tertentu/apresiasi prestasi dengan kriteria utama bukan nilai hasil ujian sekolah sebagai dasar utama seleksi.

Kadis Dikbud Kota Sukabumi H. Dudi Fathul Jawad M.Pd mengatakan “tujuan dari pelaksanaan sistem zonasi diantaranya adalah untuk pemerataan, penghilangan titel sekolah favorit atau non favorit, berkeadilan dalam arti semua ( pintar, tidak pintar, kaya, miskin ) terlayani dengan baik, hemat biaya karna jarak sekolah ke rumah dekat , meminimalisir kekhawatiran orang tua dan mengurangi kemacetan di jalan raya.”

Kabid Pendidikan Dasar Drs Dikdik M.Pd menambahkan “untuk ketentuan Jalur Non Zonasi ( 10%) terdiri dari apresiasi Prestasi Siswa maksimal 5% dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan teknologi, seni , olahraga dan lain lain. Lalu Jalur Khusus, dalam hal ini peserta didik yang berdomisili diluar zona terdekat dari sekolah dengan alasan khusus meliputi perpindahan domisili orang tua atau wali peserta didik.”

Di sesi selanjutnya, Kepala Seksi Kelembagaan dan Kurikulum Drs Mulyadi menjelaskan “mengenai jadwal pelaksanaan PPDB Online Kota Sukabumi yang mana ada beberapa tahapan dalam ketentuan Penerimaan Peserta Didik Baru secara daring / online. Calon siswa dan orangtua siswa bisa mendaftar dan memantau informasi selanjutnya mengenai PPDB Online di website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi di www.kotasukabumi.siap-ppdb.com

Di akhir segmen Kadis Dikbud juga memperkenalkan Program 18/21, yaitu program yang menghimbau warga Kota Sukabumi menghentikan segala aktifitas berbau gadgeting di jam 18.00 s/d 21.00 dan melakukan B3 , Berbicara, Belajar dan Bermain. Program ini adalah bentuk kepedulian Dikbud Kota Sukabumi untuk masyarakat Kota Sukabumi.

H. Dudi Fathul Jawad juga mengajak warga Sukabumi untuk lebih dekat dengan Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, dengan terus berhubungan ke Kantor Dikbud Kota Sukabumi di Jalan Pelabuhan 2 KM 5 Kota Sukabumi.

Leave A Response »