Wakli Bupati Sukabumi Adjo Sardjono ” Hari Nelayan sebagai ajang Promosi kepariwisataan Kabupaten Sukabumi “.

elmitra 95 FM July 17, 2017 0
Wakli Bupati Sukabumi Adjo Sardjono ” Hari Nelayan sebagai ajang Promosi kepariwisataan Kabupaten Sukabumi “.

Wakil Bupati Sukabumi  H.Adjo Sardjono menghadiri Syukuran Hari Nelayan Ciwaru ke 60 , Minggu 16 Juli 2017 Bertempat di kawasan Geopark Ciletuh –Palabuhanratu.

Turut hadir  pada kesempatan tersebut Perwakilan Kementrian Pariwisata Republik Indoinesia , Anggota DPRD, Kadis Pariwisata,  Kadis Kelautan dan Perikanan , Kadis Parbudpora ,  Camat Ciemas beserta Jajaran serta tamu undangan lainnya .

Pada kesempatan tersebut telah di laksanakan pula penyerahan santunan dari HNSI cabang Palabuhanratu kepada jompo dan yatim sebanyak 30 orang .

IMG_9459

Kepala Desa Ciwaru Taufiq Guntur Rochmi menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wakil Bupati Sukabumi beserta Jajarannya  serta mengajak keseluruh pihak , bahwa dengan di selenggarakannya syukuran nelayan ke 60 ini, mudah-mudahan    Geopark Ciletuh  dapat diakui sebagai Geopark Internasional. Dan kita wajib  bersyukur Kepada Allah yang telah memberikan ke indahan alam yang begitu istimewa .

Sementara itu Wakil Bupati Sukabumi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan syukuran nelayan ini selain sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat Allah SWT juga bisa di jadikan sebagai sarana promosi kepariwisataan Kabupaten Sukabumi , khususnya di Kecamatan Ciemas. Sebagaimana di ketahui bersama bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus berupaya secara maksimal untuk menjadikan Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu di akui sebagai UNESCO Global Geopark (UGG). Karena keberadaaan Geopark Ciletuh ini berdampak positif, selain untuk penyelamatan Geodiversity( keanekaragaman Geologi) , Biodeversity (keanekargaman Hayati) dan Keanekaragaman Budaya , Geopark ini di harapkan berdampak pada perkembangan pariwisata dan pada saat yang sama berdampak pada perekonomian masyarakat  khususnya di kec Ciemas.

Lebih lanjut dikatakan, melimpahnya  kekayaan alam laut Kabupaten Sukabumi dengan panjang pantai 117 Km dan terletak di 9 Kecamatan Pesisir, mulai dari Kecamatan Cisolok yang berbatasan dengan kabupaten Lebak hingga Kecamatan Tegalbuleud yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur ,belum sepenuhnya mampu mensejahterakan dan menopang perekonomian masyarakat pesisir khususnya nelayan. Dalam menyikapi hal tersebut Pemerintah Daerah terus berusaha untuk mendorong masyrakat pesisir untuk dapat hidup sejahtera dengan mengembangkan Kawasan Geopark Ciletuh–Palabuhanratu sebagai tempat wisata Internasional, dengan demikian ke depan masyarakat pesisir khususnya  di Ciwaru tidak tergantung pada sektor perikanan tetapi bisa mengembangkan sumber ekonomi lainnya.

Leave A Response »