TINGKATKAN KAPASITAS MOTEKAR UNTUK MEMBANTU MEMBERDAYAKAN KELUARGA

elmitra 95 FM Juni 8, 2021 0
TINGKATKAN KAPASITAS MOTEKAR UNTUK MEMBANTU MEMBERDAYAKAN KELUARGA

Radio Elmitra News – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Motivator Ketahanan Keluarga (Motekar) tahun 2021 disalahsatu Hotel di Sukabumi beberapa waktu yang lalu, Selasa (25/05/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt. Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Barat Siska Gerfianti, Kepala DP3A Kabupaten Sukabumi Hj. Aisah, Perwakilan dari BKKBN, Para Pendamping Lapangan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) dan Kader Motekar yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Motekar merupakan program Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) sebagai tindak lanjut dari peraturan daerah Provinsi Jawa Barat nomor 9 tahun 2014 tentang penyelenggaraan pembangunan ketahanan keluarga.

Kader Motekar berasal dari masyarakat yang memiliki pengetahuan, kemauan, kemampuan dan keterampilan serta telah melalui proses seleksi di tingkat Provinsi Jawa Barat untuk memfasilitasi kegiatan pemberdayaan keluarga yang mengalami kerentanan aspek fisik, ekonomi, psiko-sosial dan sosial budaya untuk meningkatkan kualitas keluarga.

Dalam sambutannya Kepala DP3A Kabupaten Sukabumi Hj. Aisah mengatakan, Motekar memiliki tugas untuk melakukan identifikasi, motivasi, mediasi, mendidik, merencanakan dan advokasi terhadap warga sasaran.

Setiap Motekar dalam satu Desa/Kelurahan dapat melakukan koordinasi untuk mendiskusikan pekerjaannya.

‘’Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para Motekar Kabupaten Sukabumi sehingga meningkatkan hard skill dan soft skill mereka dilapangan.” ujarnya.

Sementara itu Plt. Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Barat Siska Gerfianti mengapresiasi kegiatan Peningkatan Kapasitas Motekar yang dilakukan oleh DP3A Kabupaten Sukabumi. Menurutnya masih banyak target yang perlu dicapai terkait perlindungan perempuan dan anak sesuai Key Performance Indicator (KPI) yang ada.

Siska Gerfianti berharap, setelah diadakannya kegiatan ini ada semangat dan motivasi baru yang timbul dari para Kader Motekar Sukabumi.

“Jadi sekarang kita bekali semua kader ini untuk memantau keadaan lingkungannya. Bagaimana kasus kekerasan, perceraian, perkawinan anak, stunting, KDRT itu semua harus diturunkan.” terangnya.

Leave A Response »