TANGGULANGI KEMISKINAN, BAPPEDA KABUPATEN SUKABUMI MANFAATKAN SISTEM INFORMASI

elmitra 95 FM December 6, 2018 0
TANGGULANGI KEMISKINAN, BAPPEDA KABUPATEN SUKABUMI MANFAATKAN SISTEM INFORMASI

BAPPEDA Kabupaten Sukabumi menggelar Workshop  Evaluasi dan Sosialisasi Pemanfaatan Sistem Informasi dalam Rangka Penanggulangan Kemiskinan Daerah kabupaten Sukabumi,  bertempat di Hotel Pangrango Selabintana Sukabumi.  Kamis, 06 Desember 2018.  acara tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Sukabumi  Ir. Asep Rahmat Mulyana, dan dihadiri kepala Bidang Pemerintahan Bappeda Kabupaten Sukabumi Yudi Indriawan,  Dinas intansi terkait,  media dan tamu undangan lainnya.

6

Sekretaris Bappeda Kabupaten Ir. Asep Rahmat Mulyana mengatakan “Workshop ini mengenai monitoring dan Evaluasi sistem penanggulangan kemiskinan,  karena dalam menyelesaikan kemiskinan ini tidak bisa hanya sektoral saja.  Maka dari itu dibuatlah suatu aplikasi sistem informasi penanggulangan kemiskinan daerah,  yang di buat oleh Provinsi Jawa Barat”.

Selain itu, Ir. Asep Rahmat Mulyana menyampaikan “dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan basis datanya bisa kuat, sehingga akan memudahkan dalam segela hal yg berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan,  seperti halnya dalam perencanaan dan kegiatan yang terpadu, serta agar berbagai sektor bisa sinkron. program ini bersifat berkelanjutan,  serta bersinergi dengan Provinsi Jawa Barat dan pusat”.

Lebih lanjut, Ir. Asep Rahmat Mulyana mengatakan “Aplikasi ini di desain untuk bisa mengukur keterhubungan langsung dalam penanggulangan kemiskinan, aplikasi tersebut direncanakan akan di launching pada tahun depan, karena masih mengevaluasi kekurangan dan kelebihannya”.

4

Sementara itu, Kabid Pemerintahan Bappeda Kabupaten Sukabumi Yudi Indriawan menambahkan “dilaksanakannya sistem informasi evaluasi monitoring ini dikarenakan selama ini Bappeda Kabupaten Sukabumi kesulitan dalam mengevaluasi dan monitoring program – program penanggulangan kemiskinan, baik yang dilaksanakan pemerintah maupun non pemerintah. Aplikasi ini berbasis Internet dan bisa diakses melalui android, sehingga semua orang yang memiliki kegiatan bisa mengaksesnya, untuk mengentry data dan akan di validasi oleh Bappeda”.

Yudi Indriawan menyampaikan “di tahun 2017 angka kemiskinan di Kabupaten Sukabumi 8,04%,  di bawah rata-rata nasional 10,60%. Sedangkan untuk tahun 2018, masih belum keluar angkanya karena yang menghitung bukan Bappeda tetapi BPS. untuk targetnya sendiri di Tahun  2018 yaitu 8,02%, diharapkan angka tersebut bisa dicapai. sampai saat ini pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi terus berupaya dalam berbagai bidang, seperti pembangunan infrastruktur,  meningkatkan kesehatan,  pendidikan,  dll”.

Leave A Response »