Talkshow “Wargi Tangguh, Siap untuk Selamat” bersama BPBD Jawa Barat

elmitra 95 FM Agustus 4, 2022 0
Talkshow “Wargi Tangguh, Siap untuk Selamat” bersama BPBD Jawa Barat

Radio Elmitra Talkshow – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menggelar Talkshow “Wargi Tangguh, Siap untuk Selamat”, di Radio Elmitra 95 FM dengan Narasumber Sekrertaris BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Juanda dan Pranata Humas Ahli Muda pada BPBD Provinsi Jawa Barat Andri Setiawan, Rabu (03 Agustus 2022).

Budi Juanda menjelaskan sesuai UU No. 24 Tahun 2007, disebutkan bahwa bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam dan non alam sehingga meningkatkan timbulnya korban jiwa manusia kerusakan lingkungan kemudian kerusakan harta benda dan tentunya dampak Psikologis.

“ada 3 tentang bencana itu adalah bagaimana ancamannya, kemudian bagaimana penyebabnya dan bagaimana dampaknya,” ucapnya.

Budi Juanda mengatakan Manajemen Bencana merupakan seluruh kegiatan yang meliputi aspek perencanaan dan penanggulangan bencana, pada sebelum, saat dan sesudah terjadi bencana.

Budi menambahkan Siklus Manajemen Bencana bertujuan untuk mencegah kehilangan jiwa, mengurangi penderitaan manusia, memberi informasi masyarakat dan pihak berwenang mengenai risiko, serta mengurangi kerusakan infrastruktur utama, harta benda dan kehilangan sumber ekonomis.

“karenan simulasi bencana itu sangat penting, karena bencana itu sifatnya selalu berulang, mestinya kita sudah adaptif terhadap suatu wilayah dimana kita berada dengan potensi-potensi bencana,” ungkapnya.

Budi menyebut aplikasi untuk mengetahui kita di titik bencana bisa download di aplikasi Inarisk dan bisa nomer hotline di 117 masih bersifat nasional jadi bisa dihubungi ke pusat, untuk BPBD Prov. Jawa Barat ada di 082124243629, lalu ada BPBD Kabupaten Sukabumi di 081316008340 dan ada di kota Sukabumi di 082377888112.

“untuk layanan simulasi mandiri bisa dilihat di sosial media BPBD tiktok, instagram, youtube dan website,” imbuhnya.

Budi Juanda menegaskan hal pertama yang harus dilakukan saat terjadi bencana adalah jangan panik karena kepanikan akan membuat masalah baru dan tentunya merugikan diri sendiri.

“sehingga hal yang harus dilakukan masyarakat ialah mengenali penyebabnya, apa yang terjadi dan mulai mencari penanganan,” terangnya.

“download aplikasi INARISK Personal by BNPB untuk mengetahui adakah potensi bencana di tempat anda. Hal tersebut sangat membantu masyarakat maupun jajaran pemerintah untuk dapat mengambil tindakan evakuasi cepat sebelum bencana mulai terjadi. Hal itu juga tentunya dapat mengurangi resiko korban jiwa.” tegasnya.

“masyarakat juga dihimbau untuk mulai mempelajari mitigasi, evakuasi mandiri atau simulasi bencana yang dibagikan di kanal media sosial resmi BPBD Jawa Barat.” pungkasnya.

Kenali Ancamannya, Kurangi Resikonya, Siap untuk Selamat!!!

Editor : D1ajA

Leave A Response »