TALKSHOW DINAS KESEHATAN KOTA SUKABUMI ” Germas Jadikan derajat Kesehatan Masyarakat yang lebih baik”

elmitra 95 FM June 9, 2017 0
TALKSHOW DINAS KESEHATAN KOTA SUKABUMI ” Germas Jadikan derajat Kesehatan Masyarakat yang lebih baik”

Dinkes Kota Sukabumi mengadakan Talkshow di Radio Elmitra Selabintana Kab.Sukabumi, talkshow yang dikemas secara aktif dan atraktif oleh punggawa Firman Raos Casanova & Syarah Raos Sihombing pada Jum’at 09 Juni 2017. Adapun yang menjadi narasumber yakni Kabid Pelayanan Kesehatan Dr. Irma & Staff Yankes Ari.

Gerakan masyarakat hidup sehat adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas; menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa ; untuk itu GERAKAN MASYARAKAT (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

IMG-20170609-WA0008

Kabid Pelayanan Kesehatan Dr. Irma  mengatakan Untuk mewujudkan “Gerakan masyarakat hidup sehat” perlu sebuah kampanye dan sosialisasi agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Kampanye dan sosialisasi ini dibutuhkan dukungan peran dari K/L terkait, komitmen, dan yang terpenting adalah monitoring pelaksanaan Germas.

Selain itu ia menambahkan “Secara umum Germas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauandan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan”.

Staff Yankes Ari Menambahkan “Guna mencapai tujuan Germas secara lebih fokus dan terarah,maka setiap tahun dibuat beberapa fokus kegiatan dari Germas ini. Untuk tahun 2017, fokus Germas adalah melakukan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah serta memeriksa kesehatan secara berkala. Disamping fokus Germas secara nasional, juga dibuat fokus Germas secara lokal sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah. Untuk provinsi Bali fokus Germas lokal adalah tidak merokok dan pemberantasan jentik nyamuk”.

 

Leave A Response »