TAHUN 2019, BPR SUKABUMI RANCANG PEMBENTUKAN PERBANKAN SYARIAH

elmitra 95 FM Januari 10, 2019 0
TAHUN 2019, BPR SUKABUMI RANCANG PEMBENTUKAN PERBANKAN SYARIAH

Membentuk perbankan syariah menjadi program kerja di tahun 2019 bagi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sukabumi, karena Ada sejumlah hal yang menjadi alasan bagi pimpinan bank milik Pemda Kabupaten Sukabumi untuk mewujudkan misinya tersebut.

WhatsApp Image 2019-01-10 at 19.57.22

Direktur Umum & Fungsi Kepatuhan BPR Sukabumi Wibowo HK menyampaikan “Membentuk perbankan syariah adalah niat baik untuk mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius dan berakhlakul kharimah. Banyak hal yang membuat tekad BPR Sukabumi semakin kuat untuk membuka unit kerja perbankan dengan sistem pelayanan syariah ini. Landasan utamanya, tentu saja terkait ajaran agama Islam, disamping itu berbagai sumber referensi buku yang berkaitan dengan sistem perbankan berbasis syariah. Juga dikarenakan usulan dari kalangan anggota DPRD yang disampaikan dalam sebuah rapat paripurna pertengahan tahun lalu yang menghendaki agar BPR Sukabumi tidak hanya menjadi perbankan konvensional saja tetapi menjalankan sistem perbankan syariah”.

Lebih lanjut, Wibowo HK mengataka “pada dasarnya perbankan syariah memiliki tujuan yang sama seperti perbankan konvensional yaitu dapat menghasilkan keuntungan dengan cara meminjamkan modal, menyimpan dana, membiayai kegiatan usaha, atau kegiatan lainnya yang sesuai. hanya saja dalam pelaksanannya perbankan syariah menjalankan pelayanan lebih berdasarkan hukum Islam. Dengan sistem itu maka terdapat larangan untuk memberikan pinjaman dengan mengenakan bunga atau riba. Dalam ajaran agama juga mengatur perbankan syariah tidak berinvestasi pada usaha yang masuk dalam kategori terlarang”.

Wibowo HK menambahkan “Sejauh ini pengurus BPR Sukabumi masih mengkaji beberapa hal terkait rencana pembentukan unit kerja perbankan syariah. Namun ditargetkan rencana tersebut bisa terrealisasi pada tahun ini, diharapkan semua pihak dapat mendukungnya”.



Sumber : MASAGINEWS.COM

Leave A Response »