Sumbangsih Aktif FKTP Berikan Pelayanan JKN-KIS Yang Terbaik

elmitra 95 FM September 11, 2019 0
Sumbangsih Aktif FKTP Berikan Pelayanan JKN-KIS Yang Terbaik

Sukabumi, Jamkesnews :Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti yang tercantum dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, melakukan pelayanan kesehatan perorangan untuk keperluan observasi, promotif, preventif, diagnosis, perawatan, pengobatan dan pelayanan kesehatan lainnya yang bersifat non spesialistik.Menempatkan FKTP sebagai gate keeper dalam alur berjenjang pelayanan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Peran yang harus selalu dioptimalkan untuk pengendalian angka rujukan sesuai indikasi medis peserta ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

Dalam menjalankan perannya tersebut FKTP diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Mengenai hal tersebut bagi Ali Sudiharja adalah wajib untuk di laksanakan. Ditemui Tim Jamkesnews di Klinik Gigi Halus miliknya sabtu (11/08), Ali berkenan berbagi mengenai kesan – kesannya selama menjadi FKTP dokter gigi mitra BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi sejak Maret 2017.

“Menjadi fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan adalah bentuk sumbangsih aktif kita untuk pelaksanaan program JKN-KIS dan kesempatan kita untuk berbagi dengan sesama” ujar Ali.

Saat menangani kebutuhan medis pasiennya Ali berprinsip untuk selalu memberikan pelayanan terbaik, dan di dukung pula oleh hal lainnya, seperti petugas yang ramah dan informatif serta suasana tempat praktek yang kondusif, tidak hanya di ruang pemeriksaan dan tindakan tetapi kliniknya secara keseluruhan. Ali melakukannya dengan selalu mengupdate jenis alat pelayanan yang dibutuhkan serta sangat memperhatikan sarana dan prasarana klinik.

“Image dokter gigi di masyarakat kita biasanya kurang menyenangkan sehingga mengurungkan niat mereka untuk berobat, saya terpanggi luntuk menepisnya. Salah satunya dengan mendesain layout klinik senyaman mungkin untuk pasien yang datang berobat” kata Ali.

Hal ini Ali lakukan supaya para pasien khususnya peserta JKN-KIS tidak ragu untuk berobat dan menggunakan program yang bermanfaat ini. Lebih lanjut Ali mengungkapkan harapannya untuk selalu dapat melayani dengan baik dan terus berperan aktif mendukung suksesnya pelaksanaan program JKN-KIS.(kw/ne)

Leave A Response »